Sebuah produksi pembuatan video terbagi atas dua hal, tergantung dari kamera yang digunakan. Yang pertama adalah Single Cam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan 1 kamera saja. Yang kedua adalah Multicam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan lebih dari 1 kamera.

Kebutuhan Video Multi Camera 

Berbagai acara yang biasanya menggunakan system multicam adalah berbagai acara yang sering kita nonton di televisi, seperti acara music, acara varietas, acara permainan, situasi komedi, dan talkshow. Di televisi tentunya kita sering menemukan tayangan dengan keterangan Live di ujung kanan atas. Nah, tayangan televisi yang seperti ini menggunakan system multicam.

Dalam pengambilan video menggunakan system multicam, jenis-jenis peralatan yang digunakan akan lebih beragam jika dibandingkan dengan sistem single cam. Setidaknya ada 11 daftar alat yang wajib dibawa jika akan shooting dengan menggunakan system multicam. Alat-alat tersebut di antaranya:

  1. Audio Mixer
  2. Audio Set (Clip On, Microphone, dsb)
  3. Camera Control Unit/ CCU
  4. Character Generator
  5. Kamera
  6. Monitor
  7. Talkback
  8. Teleprompter
  9. Vision Mixer/ Switcher
  10. Video Tape Recorder
  11. Waveform

Portfolio Studio Pelangi

Membicarakan perihal multi camera studio pelangi merupakan salah satu vendor yang menyediakan jasa layanan sewa videotron terutama yang berada di kota semarang dan sekitarnya. Studio pelangi sebagai vendor yang berdiri puluhan tahun tentunya banyak pengalaman yang dimiliki oleh studio pelangi. Dengan pengalaman yang banyak juga studio pelangi memiliki banyak client yang bekerjasama dengan studio pelangi dan mempercayakan video shootingnya kepada studio pelangi.

Pada kesempatan kali ini studio pelangi dipercaya dalam acara Pencanangan Revitalisasi KUA banjarnegara. Seperti yang sudah kita ketahui KUA adalah Kantor Urusan Agama adalah kantor yang melaksanakan sebagian tugas kantor Kementerian Agama Indonesia di kabupaten dan kotamadya di bidang urusan agama Islam dalam wilayah kecamatan.

Acara Pencanangan Revitalisasi KUA ini berlangsung pada hari sabtu, 29 mei 2021 pertempatkan di KUA Banjarnegara. Acara revitalisasi ini turut dihadiri oleh pejabat dari KUA dan tak lupa juga dihadiri oleh Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu bapak H Yaqut Cholil Qoumas. Gus Yaqut menambahkan bahwa alasan utama diadakannya revitalisasi KUA ini adalah karena KUA itu merupakan etalase atau wajah dari Kementerian Agama. Oleh karenanya pelayanan KUA terhadap masyarakat harus ditingkatkan.Gus Yaqut juga menjelaskan bahwa totalitas pelayanan ini dimulai dari peningkatan layanan KUA, KUA dulunya dikenal hanya untuk urusan asmara, pencatatan nikah, cerai dan rujuk. Sekarang pelayanan KUA harus ditingkatkan dengan menjangkau semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat.

Acara ini juga menghadirkan seorang seniman lukisan pasir yang sangat menghibur penampilannya, hasil yang digambar walaupun dengan media pasir sangat memukau di pandangan setiap tamu yang menghadiri. Sehingga acara ini semakin berkesan dengan adanya hiburan tersebut, lukisan tersebut menggambarkan tujuan-tujuan KUA pada 2021 ini tak lupa bapak menteri agama turut dilukiskan pada sesi acara tersebut.

Acara Pencanangan Revitalisasi KUA Ini berjalan dengan lancar sesuai dengan baik sesuai dengan susunan acara yang telah dibuat sebelumnya sehingga acara ini berlangsung tanpa adanya suatu kendala dengan dioperatori oleh tim kami yang berpengalaman video shooting multi camera dapat dilakukan dengan baik sehingga Pencanangan Revitalisasi KUA ini berjalan dengan sukses tanpa adanya kendala hingga akhir acara.

Kamera Yang Digunakan Studio Pelangi

Pada Acara Pencanangan Revitalisasi KUA studio pelangi menggunakan kamera SONY NX100 dan Kamera SONY MC 88 dengan Spesifikasi :

SONY NX 100

  • Single 1″ Exmor R CMOS Sensor.
  • 1920×1080 up to 60p.
  • Sony G Lens with 12x Optical Zoom.
  • 24x Clear Image Zoom, 48x Digital Zoom.
  • Discrete Manual Focus, Zoom, Iris Rings.
  • XAVC S, AVCHD 2.0, DV Recording Codecs.
  • Create & Share Picture Profiles.
  • Slow and Quick Motion Function.

SONY MC 88

  • 14.2MP 1″ Exmor RS CMOS Sensor.
  • BIONZ X image processor.
  • Record up to Full HD 1080p60 at 28 Mb/s.
  • 29mm ZEISS Lensa Wide-Angle.
  • OLED Viewfinder dengan 2.36 Million Dots.
  • Sony Multi Interface (MI) Shoe.
  • 3.5″ OLED touchscreen LCD monitor.
  • 0.39″ viewfinder.

Dengan kualitas kamera yang dimiliki oleh studio pelangi tentunya hasil shooting yang dihasilkan sangat memuaskan terlihat jelas dan hidup dan enak untuk dipandang.

Bagaimana anda tertarik menggunakan jasa studio pelangi? Jangan ragu lagi menggunakan jasa studio pelangi. Kami berpengalaman selama bertahun-tahun dalam dunia Event Organizer tentunya kemampuan kami sudah tidak diragukan lagi. Jika anda tertarik menggunakan jasa studio pelangi anda bisa segera menghubungi kami di  0821-3867-4412.  Kami pasti akan datang dan siap membuat dekorasi panggung anda menjadi istimewa.

Sekian untuk artikel kali ini salam sukses untuk semua 🙂