Apakah Anda pernah mendengar Podcast? Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengerti apa itu Podcast. Podcast adalah salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting. Meskipun kerap kali disebut mirip dengan radio, namun bisa dibilang podcast lebih praktis ketimbang radio. Tentu saja karena podcast lahir pada generasi digital yang serba cepat dan mudah untuk diakses.

 

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Bisa diulang, karena memang sudah diunduh di awal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio.

 

Jenis – jenis podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, selanjutnya kita akan mengenal jenis – jenisnya. Sehingga, dapat menambah pengetahuan dan informasi anda mengenai dunia penyiaran.

  1. Interview podcast

Jenis yang pertama, merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

  1. Solo podcast

Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh host dan pendengar.

  1. Multi host podcast

Jenis yang ketiga, merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast anda.

 

Cara Membuat Podcast

 

  1. Menentukan Tema Podcast

 

  1. Buat nama domain dan hosting 

 

  1. Merekam Podcast

 

  1. Mengedit Podcast

 

  1. Pilih plugin Podcast

 

  1. Install Tema WordPress Podcast

 

Strategi Promosi Menggunakan Podcast

  1. Manfaatkan Pengunjung Anda

Berikan kemudahan bagi para pengunjung Anda dengan menambahkan gambar berupa quotes-quotes yang sehati dengan mereka. Contohnya ketika Anda mempromosikan ajakan dari via email, sosial media dsb, Anda dapat menambahkan gambar quotes dengan alamat link podcast Anda sehingga akan memudahkan orang untuk melakukan ‘share’ ke teman-teman mereka di media-media yang mereka gunakan.

  1. Promosikan di Media Sosial
See also  Jasa Sewa Alat Podcast

Sekarang ini, media sosial menjadi platform yang memiliki jutaan pengunjung tiap harinya. Nah, salah satu agar menarik orang untuk mendengarkan podcast Anda dengan melakukan share ke media sosial. Anda bisa melakukan update podcast rutin ke sosial media Anda.

  1. Update Podcast Anda Minimal 3 Episode pada Hari Peluncuran

Jika Anda baru memulai dalam membangun podcast Anda, upayakan di awal peluncuran podcast jangan hanya update podcast hanya 1 episode saja melainkan 3-5 episode. Hal ini karena agar podcast Anda mendapatkan perhatian lebih banyak daripada menggunakan 1 episode dalam saat launching podcast Anda. 

  1. Ubah Audio pada Podcast Anda menjadi Video untuk Youtube

Youtube menjadi platform yang banyak dikunjungi sebagai hiburan dengan tayangan-tayangan video. Untuk itu, agar podcast Anda dapat menarik pengunjung dari youtube, ubahlah podcast Anda dalam bentuk video tersendiri untuk di update pada konten youtube Anda.  Kemudian sebagai rekomendasi, Anda dapat memberi nama video podcast Anda seperti “Bincang-bincang seputar … dengan …” . Lalu, jangan lupa sebisa mungkin tambahkan deskripsi pada konten video youtube Anda dan subtitle agar lebih membantu dalam memahami informasi yang dibicarakan.

  1. Kirimkan Podcast Anda ke Podcasters

Podcasters adalah sebutan aplikasi-aplikasi baik di android dsb yang dapat menampilkan podcast Anda. Aplikasi podcast memudahkan Anda untuk menampilkan podcast serta menjangkau orang-orang yang gemar mendengar podcast.  Selain itu, dengan mengupdate di beberapa aplikasi podcast yang berbeda, artinya Anda dapat menjangkau user-user yang ada di aplikasi-aplikasi tsb sehingga semakin memperluas jangkauan market Anda. Ditambah lagi, berpeluang menambah penggemar baru dan bisa menjalin kerjasama dengan pemilik podcast lainnya. Contoh aplikasi podcast antara lain Downcast, TuneIn, Noice, Overcast dsb

  1. Transkripsikan Audio

Supaya podcast Anda lebih mudah di pahami lagi, Anda dapat menambahkan transkrip dari audio podcast Anda ke dalam deskripsi. Anda bisa melakukannya secara manual atau jika tidak ingin repot Anda dapat menggunakan layanan berbayar penyedia jasa transkrip audio seperti rev.com

  1. Buat Program Peningkatan Podcast Anda

Podcast akan terlihat berhasil di dua minggu awal setelah masa launching podcast tsb. Nah, di dalam masa dua minggu tsb, Anda dapat melakukan upaya untuk meningkatkan pendengar podcast Anda seperti :

  • Membuat program giveaway
  •  Buat informasi pengumuman podcast baru Anda yang akan tayang di instagram atau facebook secara live
  • Publikasikan konten berupa tema podcast selama dua minggu tersebut
  • Kirimkan informasi seputar konten podcast yang akan tayang tsb menggunakan email
  • Posting konten-konten podcast Anda baik sebelum masa tayang atau dalam masa tayang di dua minggu tersebut di media sosial Anda
  1. Buat Acara Giveaway
See also  Jasa Podcast Untuk Area Kota Semarang

Memberikan suatu barang secara gratis maupun voucher tertentu dapat menjadi motivasi orang untuk tertarik akan mendengarkan podcast Anda. Untuk mendapatkan hadiah tsb, Anda dapat meminta orang-orang untuk men-tag teman mereka dan melakukan komen di podcast Anda.  

  1. Undang Bintang Tamu Influencer atau Seorang Ahli di Bidang Tertentu

Strategi jitu lain yang dapat meningkatkan minat orang untuk mendengarkan podcast Anda adalah dengan mengundang seorang influencer atau seorang yang ahli di bidang tertentu ke dalam podcast Anda. Hal ini dapat memberikan keuntungan kepada Anda yaitu dengan menarik follower bintang tamu tsb untuk mendengarkan podcast Anda sehingga mendapat pendengar podcast Anda yang baru. 

  1. Menjadi Bintang Tamu di Podcast Orang Lain

Jika poin sembilan adalah Anda mengundang bintang tamu ke dalam podcast Anda, maka di poin 10 ini, Anda dapat menjadi bintang tamu di podcast orang lain. Keuntungan dengan menjadi bintang tamu di podcast orang lain adalah Anda dapat melakukan promosi podcast Anda ataupun produk dari bisnis Anda ke dalam para pendengar podcast orang yang mengundang Anda. Dengan begitu, Anda pun telah menjangkau market baru di podcast orang tsb.

 

Jasa Pembuatan Podcast

 

Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan podcast yang berada di kota semarang dan sekitarnya. Studio pelangi menawarkan berbagai pembuatan podcast yang bisa anda gunakan di platform anda sendiri. Topik anda yang tentukan, Studio Pelangi bisa membantu untuk melakukan riset terkait topik tersebut sebagai bahan podcast.

 

Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan podcast semarang memiliki banyak pengalaman, kami akan memberikan pelayanan terbaik bagi anda. 

 

Info

Untuk anda yang tertarik dengan jasa kami dan ingin menyewa atau hanya sekedar konsultasi saja, anda dapat menghubungi nomor berikut 0821.3867.4412, dan kami merupakan vendor yang berpengalam sudah bertahun tahun dengan operator dan crew professional yang sudah berpengalaman.

 

Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain artikel