Dalam sebuah kegiatan, Panggung acara jadi titik sentral perhatian semua penonton. Karenanya, membuat seting Panggung acara yang menarik, meriah, dan menarik sebagai satu diantaranya bagian utama yang penting menjadi perhatian oleh event organizer. Nah, untuk membikin keadaan Panggung acara yang lebih meriah, beberapa elemen seting Panggung acara yang penting dihadirkan terhitung salah satunya adalah lighting atau pencahayaan Panggung acara.

Lalu, apa manfaat lighting untuk atraksi Panggung acara? Apa beberapa macam lampu Panggung acara yang biasa digunakan untuk pencahayaan Panggung acara? Dan, bagaimana tutorial memasang lampu Panggung acara yang cocok agar terlihat lebih menarik? Jawabannya hanya ada di ulasan khusus terkait lampu Panggung acara kali ini.

MANFAAT LIGHTING

Bermacam kegiatan, diawali dari konser musik, teater, dan bermacam kegiatan Panggung acara yang lain kerap diadakan saat malam hari atau dalam ruangan tertutup. Kondisi itu membuat pencahayaan Panggung acara jadi kurang. Karena itu, dibuatlah perlengkapan lampu Panggung acara yang berperanan sebagai penerang dan sumber cahaya pada Panggung acara dan setiap beberapa elemen yang ada di atasnya.

Selain memiliki manfaat fungsional sebagai penerang, lampu Panggung acara memiliki komponen artistik yang bisa membuat dan memberinya support keadaan event sama sesuai tekad event organizer. Bermacam beberapa aktivitas skala besar selalu dilengkapi dengan seting pencahayaan yang menarik. Dengan pencahayaan yang cocok, perform Panggung acara menjadi lebih menarik.

KEBUTUHAN LIGHTING

Seperti yang sudah dijelaskan di atas lighting memang mempunyai peran penting dalam sebuah event yang jalan, karena lighting sendiri banyak memiliki type dan mempunyai peran tertentu jadi lighting sendiri di sini bukan hanya sebagai pencahayaan saja tetapi bisa digunakan sebagai dekorasi atau sebagai pemanis dalam sebuah event.

Dengan berkembangnya dunia teknologi pada zaman sekarang ini, memberikannya dampak positif dengan semakin pertambahan lighting yang berkembang. Lain dengan jaman dahulu yang hanya bisa menyorot, di zaman saat ini lebih banyak lighting yang bisa berkedip dan mengeluarkan bermacam warna cahaya, sampai event yang jalan akan semakin berkesan dan nikmat disaksikan.

MACAM-MACAM LIGHTING

PAR LED

Par LED (memiliki proses DMX ready di mana dapat diaplikasikan dengan permainan mixer dmx. Lampu Par LED saat ini jadi lampu yang kerap dicari dalam hal lighting karena peranannya yang tidak tergantikan. Lampu Par LED memiliki beberapa tipe sama sesuai jumlah lampu dan mempunyai wujud. diawali dari Par LED 36 sampai Par LED 54.

MOVING BEAM

Moving Beam (Lampu Moving Head beam) sebagai model cahaya spotlight yang memberikannya imbas garis cahaya pada Panggung acara, dengan imbas spot itu menjadikan penyeling stage jadi makin hidup dan keren sekali

FRESNEL

Fresnel (Lampu fresnel) adalah lampu yang digunakan untuk penerangan dengan warna netral di Panggung acara. Lampu ini menggunakan halogen atau type lampu discharge tetapi pada bagian depannya dipasang lensa fresnel.

MINI BRUTE

Mini Brute adalah lampu yang masuk ke barisan penerangan / pencahayaan, umumnya lampu minibrute dipakai untuk pencahayaan dengan tempat luas dan besar sampai mampu menerangi tempat ruang atau hall yang luas itu

LASER

Laser (sebagai barisan dari lighting imbas, mempunyai wujud yang small ini dapat menghasilkan imbas cahaya yang menarik, laser dengan daya standard diawali dari 150 mw, dapat berpijar otomatis turuti alunan musik seperti DJ atau sejenisnya.

FUNGSI LIGHTING

Bisa disebutkan jika peranan dari lighting ini ialah menyinari pentas untuk memberikan dukungan sebuah acara. Jika pada umumnya peranan lighting sebagai tata sinar, karena itu dalam teater lighting terdiri jadi dua, yakni :

Sebagai pencahayaan yang berperan agar menyinari pentas dan beberapa unsur yang lain hingga pertunjukan bisa kelihatan oleh audience.

Sebagai penerangan yang berperan sebagai elemen artistik pertunjukan. Disamping itu berguna juga untuk membuat memberikan dukungan agar situasi menjadi lebih hidup.

HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM LIGHTING

  • Ada perlengkapan dan peralatan seperti lampu, kabel, holder dan beberapa perlengkapan yang terkait dengan lighting dan listrik. Untuk jumlah dari peralatan itu tidak terbatasi bergantung pada keperluan satu event dan kualitas lighting yang diharap.
  • Tatanan letak yakni peletakan lampu dan titik konsentrasi yang disebut wilayah jatuhnya sinar. Umumnya peletakan lampu dalam pertunjukan ialah di atas dan dari arah depan pentas. Sementara untuk titik konsentrasi terletak di wilayah pentas. Namun ke-2 nya bergantung pada keperluan satu acara atau event itu.
  • Ada kesetimbangan warna yang tujuannya ialah kecocokan pemakaian warna sinar yang diperlukan.
  • Lightingman semestinya memiliki pengetahuan bagaimana karakter watak sinar dari peralatan tata sinar. Karena tata sinar terkait dengan listrik hingga diperlukan sikap kehati-hatian jika sedang bekerja sebagai penata sinar atau light setter.
  • Dibutuhan pengetahuan bagaimana jalur acara yang bakal berjalan.
  • Pengetahuan dokumen, lightingman seharusnya pahami mengenai dokumen yang bakal dihantarkan dalam sebuah seni. Ini karena dokumen akan terkait dengan lighting itu.

JASA SEWA LIGHTING

Studio Pelangi sebagai salah satunya event organizer yang sediakan banyak jasa service. Studio pelangi banyak memiliki service seperti streaming langsung, videotron, sound sistem, lighting dan jasa service yang lain. Salah satunya jasa service yang dikontrakkan studio pelangi yakni jasa sewa lighting. Studio Pelangi banyak memiliki pengalaman di dunia event, banyak client yang telah memakai jasa studio pelangi. Semenjak dibangun di tahun 2008, studio pelangi sudah layani beberapa ratus client dari beragam wilayah, dari event kecil sampai event besar pernah studio pelangi lakukan, maka janganlah sangsi memakai jasa studio pelangi. Studio Pelangi mempunyai alat yang berkualitas, ditambahkan team studio pelangi banyak memiliki pengalaman dalam hal itu tentunya jasa yang dijajakan studio pelangi tidak disangsikan kembali.

Adapun lighting yang dikontrakkan studio pelangi ada beragam jenis, yakni sama seperti yang dikatakan di atas yakni PAR LED, MOVING BEAM, FRESNEL, MINI BRUTE, LASER.

INFO PEMESANAN

Bagaimana anda tertarik memakai jasa yang dijajakan studio pelangi? Studio pelangi salah satunya penyuplai jasa service lighting paling dipercaya, kami banyak memiliki pengalaman di dunia event organizer terutamanya untuk jasa sewa lighting. Anda tidak perlu khawatir  untuk memakai jasa studio pelangi kami pasti memberinya kontributor terbaik untuk tiap event anda. Bila anda tertarik memakai jasa studio pelangi anda dapat selekasnya mengontak kami di di 0821-3867-4412.

Janganlah sampai anda salah tentukan penyuplai jasa service lighting, pilih penyuplai jasa service yang telah bisa dibuktikan kisah hidupnya janganlah sampai anda menyesal diakhir acara.

Demikian untuk artikel ini kali salam sukses untuk semuanya