Jika dijelaskan secara singkat, storytelling merupakan teknik penyampaian informasi dengan cara melakukan pendekatan cerita untuk menggugah perasaan audience. Dikatakan pula, bahwa storytelling adalah salah satu upaya kreatif bagi perusahaan untuk membuat video company profile. Meski pada awalnya, storytelling ini menjadi hal yang baru dan asing dalam dunia jasa video company profile

Sebenarnya, storytelling merupakan suatu teknik bercerita yang tak sekadar berlaku dalam hal pembuatan video saja. Storytelling juga bisa diaplikasikan dalam banyak kebutuhan, seperti misalnya public speaking ataupun presentasi. Pasalnya, storytelling selalu melibatkan human interest seperti, emosional dan juga empati manusia. 

Apa hubungan antara storytelling dengan perusahaan?

Sekarang coba bayangkan, ketika Anda tengah menyimak suatu informasi dalam video company profile dengan pendekatan yang formal dan tepat sasaran, apakah video tersebut benar-benar mampu mempersuasi Anda untuk menontonnya? 

Bagaimana jika Anda menonton sebuah tayangan video company profile yang berisi tentang informasi penting tapi dikemas melalui pendekatan cerita disertai penokohan dan plot yang menarik sekaligus melibatkan empati dan emosional Anda? 

Dari kedua pernyataan tersebut, bisa dipastikan Anda akan mendapat pengalaman menonton video yang benar-benar berbeda bukan?

Secara prinsip, seperti itulah alasan yang menjadikan storytelling sangat tepat diaplikasikan ke dalam sebuah video company profile. Apalagi, metode satu ini memang dinilai efektif untuk menyampaikan sebuah pesan perusahaan dengan teknik naratif. Sebab, ada beberapa perusahaan yang bisa diterima secara mudah dan utuh jika disampaikan melalui cerita seperti ini. 

Kendati demikian, jasa video company profile profesional tidak akan mengaplikasikan storytelling ini secara sembarangan. Jika video profil perusahaan bersifat formal dan harus straight to the point, maka metode storytelling ini tidak akan pernah digunakan. 

Cara paling tepat membuat storytelling video company profile

  • Melibatkan unsur human interest

Seperti yang telah dijelaskan di atas, storytelling merupakan suatu cerita yang utuh. Artinya, penulisan script video company profile jadi hal paling penting yang harus Anda perhatikan. Ketika script dibuat, storytelling memiliki pendekatan khusus seperti menyertakan unsur human interest atau unsur dalam cerita yang mampu menggugah emosional audience. 

Dengan adanya unsur human interest tersebut, diharapkan para audience bisa merasakan sekaligus mengetahui kondisi nyata dari suatu permasalahan yang coba diselesaikan oleh perusahaan. 

  • Pertahankan audience attention

Umumnya, storytelling video company profile yang baik mampu mempertahankan audience attention sampai akhir video tersebut. penulisan script disertai pembuatan alur cerita yang sempurna seharusnya mampu membawa audience hingga akhir video sesuai yang diharapkan oleh perusahaan. 

Oleh sebab itu, para penyedia jasa video company profile terbaik tidak akan menyuguhkan semua pesan di awal video dengan tujuan untuk mempertahankan audience attention tersebut. 

  • Berikan tampilan problem solving 

Seperti yang kita ketahui, video company profile merupakan suatu media penyampaian informasi. Oleh sebab itu, Anda seharusnya juga bisa menyampaikan sebuah problem solving untuk audience di dalam video yang sama. 

Pastikan, video profil perusahaan yang dibuat mampu menceritakan sebuah permasalahan yang kerap dihadapi oleh konsumen dengan melibatkan unsur human interest tentunya. Berdasarkan permasalahan tersebut, perusahaan hadir sebagai problem solver. Bahkan, jika video dibuat menggunakan pendekatan storytelling, maka bakal tercipta understanding kepada audience dalam rangka membangun image perusahaan yang lebih baik. 

  • Hadirkan relevansi cerita dengan audience

Setelah ketiga poin tersebut bisa Anda terapkan dengan baik, selanjutnya pikirkan soal relevansi cerita video company profile yang dibuat dengan audience. Artinya, Anda harus mampu membuat video profil serealistis mungkin sesuai kenyataan yang dimiliki oleh audience. Dengan demikian, cerita di dalam video tersebut nantinya akan memberi kesan keintiman antara perusahaan dan audience

  • Menggunakan talent atau real people

Sebaiknya, pertimbangkan juga untuk menggunakan talent atau real people. Pastinya, kedua hal tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil video company profile yang maksimal dalam hal penokohan storytelling, maka sebaiknya gunakan saja talent. Sebab, talent bisa lebih mudah dalam menerjemahkan setiap script yang Anda buat untuk diperankan secara nyata. 

Namun, jika Anda ingin menggunakan jasa talent, maka pikirkan juga soal biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Jadi sebaiknya, lihat kembali anggaran yang tersedia sebelum memutuskannya. 

Sementara itu, menggunakan real people jelas memberi sejumlah kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah kesan yang otentik dari berbagai permasalahan yang ada. Selain itu, menggunakan real people juga bisa meningkatkan unsur human interest dari video company profile yang tersaji. 

Namun jika Anda menuntun suatu peran yang lebih spesifik, maka pilih orang yang lebih profesional. Tentu saja, semua keputusan tersebut harus disesuaikan dengan konsep storytelling yang telah direncanakan. 

Production brief untuk kebutuhan pembuatan video company profile

Jika dilihat secara nyata, video production brief adalah suatu kumpulan pedoman pra produksi atau rencana awal sebelum produksi suatu video company profile dibuat. Biasanya, video satu ini dibuat untuk menjelaskan kepada perusahaan video production tentang apa yang akan dibuat sehingga menambah kejelasan serta fokus terhadap visi video company profile tersebut secara keseluruhan. 

Sebagai klien penyedia jasa video company profile, Anda tentu harus berdiskusi terlebih dulu tentang video yang diinginkan. Demi mendapatkan video profil yang bagus dan sesuai harapan, Anda perlu membuat penyedia jasa tersebut paham dengan konsep video company profile yang Anda buat. Caranya dengan menuliskan sebuah production brief. 

Dikatakan, production brief merupakan alat standar yang digunakan di bidang pemasaran. Apabila Anda membutuhkan jasa untuk pembuatan iklan produk, maka Anda harus membuat creative brief. Apabila hendak membuat desain produk baru, maka Anda harus membuat project brief. Sementara untuk mengembangkan suatu website, maka Anda harus membuat desain brief

Membuat suatu video production brief bisa saja terasa sulit bagi Anda. Kesibukan yang terlalu padat, membuat Anda tidak bisa bertemu secara langsung dengan penyedia jasa sehingga hanya berkomunikasi melalui email, chat, ataupun telepon. Namun alangkah lebih baik lagi, jika Anda meluangkan sedikit waktu untuk bertemu secara langsung supaya hasil video company profile benar-benar sesuai. 

Oleh sebab itu pula, Anda harus mempersiapkan video production brief ini secara cermat dan teliti supaya konteks yang tersampaikan nantinya bisa dimengerti dan jasa video company profile yang Anda tunjuk bisa membuat video sesuai harapan. 

Aspek penting di dalam production brief

  • Latar belakang perusahaan

Seberapa populer perusahaan Anda di kalangan masyarakat? Seberapa bagus perusahaan Anda dalam memasarkan produk dan jasa yang dimiliki? Seperti apa pendapat konsumen tentang perusahaan dan produk yang Anda tawarkan? Apa saja ciri khas yang dimiliki oleh perusahaan Anda?

Ketahuilah, semua pertanyaan tersebut di atas merupakan konteks paling penting supaya jasa video company profile terbaik di kota Anda mampu mengetahui secara spesifik perusahaan Anda. Bahkan, mereka bisa lebih mudah untuk membantu membuat video company profile yang tepat bagi perusahaan Anda. 

  • Fokus pada konten yang dibuat

Tentukan fokus Anda pada konten yang dibuat. Apakah Anda akan mempromosikan produk, layanan, ataupun keseluruhan tentang perusahaan yang dimiliki? Ceritakan secara detail apa yang ingin Anda promosikan kepada publik. 

Mulai dari, apa solusi yang hendak Anda berikan bagi para pelanggan dan mitra bisnis perusahaan? Bagaimana cara mendapatkan solusi yang menarik? Apa perbedaan perusahaan Anda dengan kompetitor di pasaran? Seperti apa teknologi, harga, dan layanan yang mampu Anda berikan?

  • Target audience 

Siapa sebenarnya target audience perusahaan Anda? Di mana mereka berada? Ketahuilah, sebelum memproduksi suatu video company profile, Anda perlu menentukan target audience yang diinginkan, siapa pengguna video tersebut nantinya? Apakah mereka berasal dari orang dewasa, anak-anak, kalangan atas, menengah, atau bawah?

  • Tujuan video company profile dibuat

Jangan lupa juga untuk menentukan tujuan video company profile yang dibuat. Ketahui secara detail, tujuan bisnis dari video yang Anda buat. Apabila tidak, maka Anda tidak akan pernah tahu apakah investasi yang telah dilakukan selama ini cukup berharga.

  • Anggaran dan waktu produksi video

Anda juga harus menentukan jumlah anggaran beserta waktu paling tepat untuk memproduksi video company profile tersebut. Kapan prosesnya akan dimulai, kapan harus selesai. Jangan lupa juga untuk mengetahui berapa besar dana yang tersedia untuk membuat video tersebut, lalu diskusikan dengan jasa pembuatan video company profile langganan Anda. 

Demikian tadi penjelasan singkat seputar penggunaan metode storytelling pada video company profile dan keterkaitan product brief terhadap kelancaran proses pembuatannya. Semoga bermanfaat, ya!