Genset merupakan sebuah alat yang biasa dijadikan sebagai cadangan listrik yang dibutuhkan oleh manusia sewaktu-waktu. Karena listrik sudah jadi kebutuhan utama bagi para manusia karena hampir semua alat yang membantu pekerjaan manusia kini menggunakan aliran listrik sebagai daya utamanya. Pada beberapa negara di Asia dan Afrika pemadaman listrik terkadang terjadi karena adanya masalah pada infrastruktur yang ada dalam menyebarkan aliran listrik ke beberapa daerah secara merata. Hal ini juga terjadi di Indonesia, kondisi geografis yang tidak merata juga bisa jadi alasan kenapa masih ada beberapa tempat yang belum mendapatkan aliran listrik dengan baik. Biasanya untuk menyiasati hal tersebut, biasanya pemerintah memberikan genset besar yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika pada perkotaan, penggunaan genset untuk tenaga cadangan apabila listrik padam pada setiap perkantoran maupun tempat umum seperti rumah sakit, perkantoran, restoran serta beberapa tempat umum yang melayani masyarakat. Karena jika listrik padam, semua pekerjaan akan berhenti total dan menyebabkan penumpukan. Serta pada rumah sakit tempat dimana para pasien merasa tenang agar bisa lebih cepat pulih, listrik harus tetap hidup bagaimanapun kondisinya. Selain itu pada sebuah restoran terutama restoran besar pasti menyimpan banyak bahan makanan yang harus ada pada kondisi tertentu, jika listrik mati maka akan berpengaruh terhadap rasa dari bahan baku dan dapat menyebabkan kerugian besar pada restoran. Maka dari itu pentingnya memiliki genset pada setiap perusahaan ataupun tempat usaha. 

Dalam penyelenggaraan acara juga biasanya para panitia berjaga-jaga dengan menggunakan genset sebagai sumber listrik mereka. Karena biasanya pada sebuah acara terutama acara besar, penggunaan listriknya juga besar, ditakutkan akan terjadi listrik anjlok serta pembayaran listrik yang melambung besar karena penggunaannya yang berlebihan. Maka dari itu, orang-orang memilih genset sebagai alternatif aliran listrik mereka. Dengan menggunakan genset mereka mampu mengurangi penggunaan listrik yang berlebihan serta menghemat pengeluaran.

See also  Jasa Sewa Genset Kualitas Terbaik

Banyaknya penggunaan genset membuat orang-orang terkadang memiliki niat untuk mempunyai genset sendiri untuk mempermudah pekerjaan mereka sehari-hari terutama jika dalam kondisi mati listrik, karena biasanya terdapat pemadaman listrik yang dilakukan secara mendadak. Namun, memiliki genset tidak hanya diperhatikan kualitasnya saja, namun perawatannya juga harus diperhatikan agar bisa memperpanjang masa hidup dari genset tersebut. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan dari genset,

  • Simpan genset di tempat yang kering dan aman serta selalu jaga kebersihan genset

Menyimpan genset tidak boleh sembarangan. Genset juga harus ditempatkan di tempat yang aman serta bersih. Jika tempat penyimpanan bersih, tentu saja tidak akan ada debu atau binatang kecil yang dapat masuk ke dalam komponen genset yang nantinya mampu mengganggu performa dari genset. 

  • Lakukan pemanasan pada genset 

Seperti layaknya motor atau mobil, genset juga perlu dihidupkan setidaknya 5-10 menit setiap harinya untuk menghindari kerusakan pada komponen karena terlalu lama tidak digunakan.

  • Periksa setiap perangkat yang ada pada genset

Selalu periksa apakah pada komponen genset terdapat hal-hal yang kurang beres atau sejenisnya. Dengan melakukan pemanasan genset secara rutin, kita jadi tahu mana komponen yang bisa berfungsi dan mana yang harus diganti.

  • Segera matikan mesin jika ada yang tidak beres pada genset

Jika pada saat melakukan pemanasan pada genset dan terjadi hal yang tidak beres pada salah satu komponen, segera matikan agar kerusakannya tidak menyebar dan kita segera mencari tahu bagian mana yang bermasalah. Melakukan pemanasan pada genset bisa membuat kita tahu lebih awal jika terjadi sesuatu pada genset kita sebelum penggunaan genset yang sebenarnya.

  • Segera ganti sparepart yang usang
See also  Kelebihan Menggunakan Jasa Sewa Genset

Jika kita sudah mengetahui bagian mana komponen genset yang usang/bermasalah, segera melakukan penggantian agar kerusakannya tidak semakin parah. Dengan begitu kita bisa menghindari beberapa kemungkinan buruk yang bisa terjadi. 

  • Lakukan pemeriksaan Distilled Water pada bagian Battery

Pada battery yang jadi salah satu komponen dari genset, tersedia distilled yang harus di isi ulang. Biasanya dalam kurun waktu tertentu, sekitar 2 hingga 3 tahun para pemilik diwajibkan untuk mengisi ulang baterai tersebut, jika tidak maka akan berpengaruh pada kinerja genset.

Berikut merupakan beberapa tips untuk merawat genset untuk tetap menjaga masa pakai dari genset. Namun jika Anda merasa hal tersebut sulit atau Anda kerepotan dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa melakukan penyewaan genset. Kami merupakan penyedia jasa sewa genset dengan kualitas terbaik yang siap membantu melancarkan jalannya acara Anda. Berikut ini beberapa jenis genset yang kami miliki,

 

  • Sewa genset 40KVA
  • Sewa genset 50 KV
  • Sewa genset 60KVA
  • Sewa genset 80KVA
  • Sewa genset 100KVA 

Dengan catatan, 1 KVA = 1000 Watt.

Info pemesanan

Kami merupakan penyedia jasa sewa genset dengan kualitas terbaik yang siap membantu melancarkan jalannya acara Anda. Jika berminat dengan jasa sewa genset dari kami bisa langsung hubungi kami melalui whatsapp di nomor 0821-3867-4412. Kami selalu memberikan kualitas yang terbaik dengan maksimal penggunaan selama 8 jam.