Setiap penyedia jasa video company profile terbaik sudah pasti memiliki beberapa trik khusus sehingga hasil garapannya mampu menarik minat siapapun yang melihat video tersebut, tak terkecuali calon konsumen ataupun mitra bisnis suatu perusahaan. 

Secara garis besar, pembuatan video profil perusahaan berisi pembahasan tujuan dan visi misi perusahaan kepada masyarakat secara luas. Oleh sebab itu, video yang dibuat harus sesuai dengan karakter ataupun jenis bisnis itu sendiri. 

Bisa dibilang, video company profile merupakan suatu media yang kerap digunakan sebagai sarana komunikasi perusahaan. biasanya, video semacam ini ditempatkan pada website khusus berupa link ataupun channel platform berbasis video seperti YouTube. 

Kenapa sih harus video company profile?

Sebenarnya, ada banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai company profile. Lantas, mengapa perusahaan disarankan untuk memilih video sebagai bentuk perkenalan atas profilnya? Padahal, ada banyak tools digital marketing lain yang bisa dimanfaatkan di zaman serba canggih seperti saat ini. 

Perlu Anda ketahui, tren peminat konten video saat ini terus mengalami peningkatan secara signifikan. Apabila dibandingkan dengan tahun 90-an, harga kuota internet saat ini jauh lebih murah sehingga sebagian besar orang lebih suka menonton video daripada membaca. Inilah yang kemudian membuat video jadi sarana paling efisien dan efektif untuk memperkenalkan bisnis yang Anda lakoni. 

Cara membuat video company profile kreatif di era millennial

Di tengah ketatnya persaingan usaha masa kini, video company profile yang hendak Anda sajikan harus disusun dengan baik sekaligus memperhatikan inti dan tujuan dari pembuatannya. Dengan begitu, pesan Anda bisa tersampaikan dengan baik pada target konsumen yang potensial. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara tepat untuk membuat video company profile paling kreatif dan kekinian. 

  • Persiapkan konsep dan isi video secara matang

Hal utama yang patut Anda lakukan sebelum membuat video company profile adalah memikirkan konsep video tersebut. Umumnya, konsep semacam ini dikenal dengan sebutan storyline atau ide pokok dari suatu gagasan yang disampaikan melalui cerita supaya lebih menarik. 

Selain itu, Anda juga harus menentukan tujuan dari pembuatan video company profile tersebut. Sebab, tujuan yang jelas bakal membuat Anda lebih mudah dalam menata alur sebuah storyline. 

  • Menentukan panjang durasi video 

Biasanya, video profil perusahaan yang dibuat oleh para penyedia jasa video company profile tidak memiliki durasi waktu yang terlalu lama. Meskipun pembuatan tidak memiliki batas durasi, Anda tetap harus memikirkan seberapa panjang video tersebut dibuat. 

Apabila Anda terpaksa membuat video yang terlalu panjang, maka sebaiknya pikirkan kembali bagaimana cara supaya video tersebut tidak membosankan ketika ditonton. Umumnya, video company profile terbaik hanya berdurasi sekitar 2-3 menit dengan isi yang singkat dan jelas. 

  • Perhatikan soal pengambilan tiap adegan

Tak sedikit video company profile animasi yang disajikan di berbagai media sosial ataupun website resmi suatu perusahaan. Namun, masih banyak pula video serupa yang dibuat per adegan menggunakan talent. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan bentuk video satu ini, maka perhatikan dengan baik kegiatan pengambilan setiap adegannya. 

Sebaiknya, jangan terburu-buru ataupun terlalu mengejar waktu ketika proses syuting berlangsung. Lebih baik mengulang adegan yang ada daripada nanti Anda mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan. 

Di samping itu, Anda juga harus mengambil gambar sesuai perencanaan awal yang ditentukan. Mulai dari scene, angle, hingga unsur lain di setiap proses pengambilan gambar tersebut. 

  • Cermat dan teliti dalam proses editing

Ketika Anda sudah mendapatkan bahan, maka tahapan berikutnya adalah merampungkan proyek tersebut menjadi satu video yang utuh sesuai konsep awal. Seharusnya, Anda tak perlu ragu untuk menggunakan jasa editor profesional karena memang editing adalah salah satu tahapan paling penting dalam pembuatan video company profile yang berkualitas. 

  • Pastikan video dibuat dengan seimbang dan menarik

Secara visual, video company profile biasanya memiliki tampilan yang baik dan mampu menyampaikan pesan secara sempurna. Namun pastikan, video tersebut menampilkan audio yang tepat, baik untuk suara voice over ataupun musik latarnya. Pastikan, audio yang digunakan mampu menguatkan visualisasi yang diberikan dalam video tersebut. Dengan demikian, video company profile perusahaan Anda akan terkesan kreatif dan tidak monoton. 

  • Tidak melupakan proses finishing

Ketika proses pembuatan video company profile perusahaan Anda rampung, sebaiknya jangan merasa puas dulu. Tak ada salahnya jika Anda memutar video itu beberapa kali untuk memastikan apakah ada bagian yang kurang sesuai. Jangan lupa untuk memastikan juga orang yang melakukan pengecekan dan proses editing berbeda sehingga mendapatkan penilaian yang lebih obyektif. 

Ini cara terbaik membuat video company profile bernilai marketing

Seperti yang telah Anda ketahui, video company profile merupakan media komunikasi berbentuk audio visual yang memuat informasi ataupun citra suatu perusahaan demi meningkatkan brand awareness konsumen. Bila sebelumnya profil perusahaan ini lebih dikenal dalam bentuk printed, maka beberapa tahun belakangan hampir sebagian besar marketer lebih memilih format video. 

Bukan hanya karena lebih gampang di akses di berbagai platform kekinian, video company profile semacam ini mampu menciptakan suatu hubungan, kepercayaan, sekaligus loyalitas brand dengan konsumennya. 

Beberapa penelitian menyatakan, video company profile marketing pada tahun 2019 hingga 2020 terlihat semakin menjanjikan. Ada sekitar 96% responden yang mengaku menonton video tutorial untuk sekadar mempelajari suatu produk ataupun layanan perusahaan tertentu. 

Kemudian, sekitar 68% lainnya lebih suka mempelajari produk atau layanan paling anyar dari menonton video pendek. Sementara 48% mengaku suka membagikan konten video kepada teman ataupun kerabat mereka. 

Berdasarkan data tersebut bisa diketahui, bahwa video telah menjadi media pemasaran yang cukup efektif dan efisien dalam menjangkau berbagai kalangan, terutama target konsumen potensial. 

Lalu, seperti apa cara membuat video company profile yang menarik dan memiliki nilai marketing mumpuni?

  • Jangan hanya memaparkan isi berupa data yang membosankan

Sebenarnya, Anda boleh saja mengisi konten video company profile berupa data perusahaan terkait. Akan tetapi, jika tujuan dibuatnya video tersebut untuk menunjukkan impact, meningkatkan brand awareness, membangun citra secara sosial, dan memasarkan produk yang ditawarkan, maka sebaiknya buat video yang berisi cerita per adegan. 

Dengan demikian, calon konsumen tidak merasa sedang menonton video sales promotion yang membosankan. Namun jika memang ada beberapa data yang perlu dibagikan, Anda bisa meletakkannya di akhir cerita. 

  • Menempatkan brand perusahaan sebagai solusi atas segala permasalahan konsumen

Apabila Anda mengangkat kisah tentang seorang bapak yang cemas tidak biasa membiayai pendidikan anaknya, maka sebaiknya tempatkan perusahaan Anda sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Coba untuk membangun citra perusahaan secara tersirat atau soft selling melalui suatu cerita yang berkesan dan sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan logo atau gambar perusahaan. 

  • Menampilkan alur cerita yang melibatkan emosi penonton

Ketahuilah, video company profile yang menarik merupakan video yang bisa diingat dan mampu memberi kesan mendalam pada setiap penontonnya. Nah, Anda bisa mewujudkan hal tersebut dengan tetap konsisten pada pembangunan dramatisasi video. 

  • Kualitas video company profile tergantung pada 10 detik pertama

Hampir setiap orang membuat penilaian dan asumsi di 10 detik pertama penayangan suatu video. Oleh sebab itu, poin satu ini menjadi yang paling penting di antara semuanya. Dengan demikian, Anda harus mampu menentukan scene yang kuat di awal video profil perusahaan tersebut supaya menarik minat calon konsumen maupun mitra bisnis Anda. 

  • Bebaskan biaya produksi demi hasil yang memuaskan

Ternyata, setiap video profil perusahaan memiliki impact yang sangat besar terhadap ROI atau Return of Investment. Bisa dikatakan, video profil semacam ini bisa membantu meningkatkan consideration, action, dan awareness calon konsumen. Oleh sebab itu, Anda tak perlu ragu untuk mengeluarkan banyak biaya demi mendapatkan video company profile yang berkualitas. Apalagi, video dengan kualitas terbaik bakal mampu bersaing di jagat maya ataupun nyata. 

Demikian tadi beberapa trik penting membuat video company profile yang mampu menarik minat masyarakat secara luas dan memiliki nilai marketing. Apabila Anda merasa kesulitan untuk membuatnya secara mandiri, sebaiknya cari penyedia jasa video company profile yang berpengalaman dan profesional.