Tahukah Anda, seluruh penduduk dunia menghabiskan waktu lebih dari 500 juta jam untuk sekadar menonton video di YouTube setiap harinya. Belum lagi sekitar 82% pengguna Twitter yang melihat konten berupa video tampil di lini masa mereka. 

 

Tentu saja angka tersebut sangat wajar mengingat penggunaan video memang jadi salah satu tren yang berasal dari penggunaan smartphone beserta seluruh perangkat mobile lain di masa kini. Apabila ditelaah lebih lanjut, ada sekitar 92% penonton video mobile yang tak segan membagikan video yang mereka lihat ke pengguna lain. 

Artinya, sebuah konten video marketing seperti halnya video company profile yang menarik sekaligus memiliki andil cukup besar untuk kepentingan brand awareness suatu produk. 

Namun perlu Anda ingat, penggunaan video secara langsung menghentikan tugas yang harus dilakukan dalam bidang pemasaran. Konten video company profile memang jadi sesuai yang berbeda, tapi tetap harus diperlakukan sesuai kebutuhan. 

Cara terbaik membuat video company profile

Apabila Anda ingin jasa video company profile memberi hasil video yang terlihat menarik dari tahun ke tahun, maka pastikan video tersebut telah mengikuti beberapa tips di bawah ini. 

  • Memperhatikan judul video company profile yang dibuat

Anda sangat disarankan untuk memberi judul paling menarik perhatian audience sekaligus memberikan petunjuk khusus tentang video company profile yang mereka saksikan. Anda juga bisa menggunakan kata kunci terkait video tersebut sehingga para audience yang baru saja terjaring lebih mudah menemukan video tersebut. 

Jika tak ingin repot, Anda bisa menggunakan tools seperti Headline Analyzer yang benar-benar membantu dalam pembuatan judul yang memikat. 

  • Fokus pada bagian awal video company profile 

Apabila Anda telah memaksimalkan bagian judul video, maka selanjutnya adalah fokus pada beberapa detik bagian awalnya dengan cara membuat hal yang menarik sekaligus menggugah rasa penasaran audience. Jangan sampai, bagian awal video company profile yang Anda buat terlalu membosankan sehingga audience malas melihat keseluruhan video tersebut. 

  • Buat ide video company profile berupa cerita 

Tentu saja Anda tidak akan menawarkan sebuah produk ataupun jasa tanpa memiliki cerita yang mampu membangun rasa percaya audience. Pasalnya, suatu cerita bisa membuat pesan ataupun isi dari produk yang Anda tawarkan semakin diterima oleh audience. 

  • Gunakan hashtags yang tepat

Tak bisa dipungkiri, penggunaan hashtags sangat berpengaruh pada jejaring sosial. Diketahui, sebuah hashtags membantu banyak orang untuk mencari unggahan video ataupun foto tertentu. Jadi sebaiknya, gunakan hashtags yang tepat dalam mempromosikan video profil perusahaan Anda. 

Namun ingat, YouTube membatasi penggunaan tags sebanyak 500 karakter saja sehingga Anda bisa lebih fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan beserta seluruh isi video tersebut. 

Di samping hashtags, Anda juga bisa menggunakan tools seperti Keyhole ataupun Hashtagify yang terbukti memudahkan pencarian hashtags terbaik bagi video tersebut. Melalui aplikasi ini pula, Anda bisa lebih mudah mengetahui popularitas hashtags yang dibuat. 

  • Memastikan jasa video company profile membuat media yang mobile friendly

Sudah jadi rahasia umum, jika video company profile Anda unggah bakal terlihat oleh audience melalui perangkat mobile berteknologi canggih. Oleh sebab itu, Anda patut memastikan bahwa video tersebut memang bisa dilihat dari perangkat mobile tanpa menghilangkan fitur user experience terbaik ketika dilihat melalui perangkat desktop. 

  • Pilih perangkat yang sesuai

Seiring berkembangnya teknologi masa kini, pengambilan gambar video company profile bisa diambil melalui smartphone. Namun perlu Anda perhatikan, masih banyak peralatan yang lebih mendukung proses pengambilan gambar demi menghasilkan video yang apik. Apabila Anda hendak membuat video animasi, maka pastikan juga perangkat komputer yang digunakan benar-benar mendukung kinerja dari software yang ada.  

  1. Tentukan caption yang tepat

Siapa sangka, ternyata caption tak sekadar untuk memastikan audience mampu memahami isi video company profile perusahaan Anda. Meski dibuat tanpa adanya audio, sebuah video profil semacam ini tetap bisa mendongkrak SEO karena adanya caption. Oleh sebab itulah, YouTube memberikan area caption khusus supaya Anda bisa menggunakannya ketika mengunggah suatu konten di platform tersebut. 

  • Fokus menggunakan niche yang sama

Bisa saja video company profile yang Anda unggah serupa dengan video lain di YouTube. Tentu saja, hal semacam ini bukan sesuatu yang baru. Kemiripan ini sering dikenal sebagai shoulder niche yang justru bisa membantu Anda dalam membangun brand awareness. Bahkan bukan tak mungkin, jika video tersebut akhirnya menarik perhatian ke seluruh konten yang telah Anda buat sebelumnya.

  • Konsistensi

Demi mendapatkan business traffic yang berkualitas tinggi, Anda dituntut untuk tetap konsisten. Misalnya, Anda mengunggah konten video company profile setiap hari Senin pagi, maka lanjutkan untuk mengunggah konten lainya selalu di hari yang sama. Dengan demikian, audience video Anda bakal melihat konsistensi tersebut. Jika Anda khawatir bakal melewatkan hari atau waktu posting konten, gunakan saja aplikasi bernama Hootsuite atau Buffer. 

  • Memaksimalkan media sosial resmi perusahaan

Perlu Anda pahami, bahwa tidak ada satupun media sosial yang diciptakan sama. Guna mendapatkan hal terbaik, maka Anda patut menyesuaikan konten video company profile yang dimiliki dengan teknis media sosial yang digunakan. 

Misalnya, Anda membuat dua model video profil perusahaan. Satu video untuk YouTube, sementara video lainnya untuk unggahan akun Instagram resmi perusahaan. Intinya, Anda tidak boleh memaksakan satu jenis video profil semacam ini untuk digunakan pada semua media sosial yang ada. 

  • Tentukan latar belakang yang menarik 

Sudah jadi rahasia umum bagi banyak orang, bahwa semakin menarik sebuah video, maka kemungkinan mendapat likes dan share pun bakal lebih besar. Salah satu poin penting yang wajib Anda ketahui demi mendapatkan keuntungan tersebut adalah latar belakang atau background video yang dibuat. Jadi, tak ada salahnya jika Anda mengecek kembali background video setelah dibuat oleh penyedia jasa video company profile supaya terlihat lebih menarik. 

  • Jangan lupakan soal pallet warna video company profile 

Ketika Anda telah memiliki beberapa video, termasuk di antaranya video company profile perusahaan, pastikan ada ciri warna pallet yang senada supaya video terlihat saling berkesinambungan. Selain itu, trik semacam ini juga memudahkan penonton dalam mengenali video perusahaan yang Anda buat. 

  1. Penggunaan musik yang menarik perhatian dan enak didengar berbagai kalangan

Jelas tak bisa disangkal, jika video yang memiliki versi musik menyenangkan bakal menjadikan pengalaman audience terasa semakin menghibur. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih musik yang tepat dan menarik supaya video tersebut bisa dilihat oleh banyak kalangan. 

  • Melibatkan emosi audience

Apabila Anda bisa memberikan sisi emosional pada suatu video company profile, maka Anda berhasil memberikan sesuatu yang tidak bisa dilupakan oleh audience

  • Perhatikan trending topic di berbagai media 

Jika Anda mampu memperhatikan topik dan juga berbagai informasi yang tengah viral atau bahkan membuat video yang terkait dengan topik tersebut, bisa dikatakan video Anda bakal ikut tenar. Jadi, coba cek dulu media sosial saat ini untuk sekadar melihat apa saja yang tengah jadi tren di kalangan masyarakat. 

  • Jangan ragu untuk mengikuti arus tren terkini

Ketahuilah, mengikuti tren kekinian bukan suatu hal yang salah selama Anda melakukannya dengan cara yang baik dan benar. Contohya, salah satu brand ternama di Indonesia tengah melakukan launching video yang memiliki style sangat sederhana tapi mampu menarik perhatian khalayak dan gampang dipahami. Maka, tak ada salahnya jika Anda mengusung ide serupa untuk membuat video company profile perusahaan

  • Tak sekadar menjual 

Sebenarnya, memberi isi video company profile terkait penjualan memang terbilang penting. Namun jika Anda melakukannya secara berlebihan, jelas audience bakal merasa bosan dan tidak akan tertarik dengan video-video yang Anda unggah di kemudian hari. Oleh sebab itulah, pastikan jasa pembuatan video company profile yang Anda pilih menghasilkan video yang tak sekadar informatif tapi juga mampu mengedukasi audience pada suatu topik tertentu. Namun, pastikan juga cara yang digunakan menarik selling action secara otomatis. 

Demikian tadi beberapa tips membuat video company profile demi meningkatkan business traffic yang sebaiknya Anda coba. Jangan lupa untuk memilih jasa video company profile terbaik agar video tersebut dibuat sesuai keinginan Anda.