Memotret dengan HP lebih terasa mudah, praktis, dan ringan. Saat ini, kamera HP sudah setara dengan kamera DSLR dan mirrorless. Bahkan, ada HP yang kameranya super jernih dan tajam, lho! 

Untungnya, sudah banyak komunitas fotografi ponsel di media sosial. Tepatnya di Instagram dan Facebook. Komunitas ini sering berbagi tips fotografi HP dan triknya. Tidak jarang, sering mengadakan acara hunting foto bersama lho. 

7 Tips Fotografi HP yang Cepat dan Sederhana, Ini Dia

7 Tips Fotografi HP yang Cepat dan Sederhana, Ini Dia

Studio Pelangi Semarang mengerti bahwa memotret dengan HP itu mudah. Tetapi, tetaplah butuh tips fotografi HP. Tujuannya, agar Sahabat Studio Pelangi semakin jago memotret dengan HP. 

Kali ini, Studio Pelangi Semarang membahas tips fotografi HP. Siapa tahu Sahabat Studio Pelangi bisa menerapkannya dan langsung pos ke media social. Yuk disimak! 

  • Pastikan kamera tetap stabil

 

Meskipun kamera memiliki bodi super ringan disbanding kamera DSLR dan mirrorless, bukan berarti Sahabat Studio Pelangi memegang HP dengan asal. 

Tips fotografi HP dari Studio Pelangi Semarang yakni, pastikan kamera tetap stabil. Sehingga saat Anda memotret, hasil fotonya lebih stabil. Caranya, usahakan tangan Sahabat Studio Pelangi tidak goyang atau gemetar. 

Hal tersebut bisa dilakukan dengan bersandar pada lutut, sedikit berjongkok, atau bersandar ke tembok atau benda yang kokoh. Jika memungkinkan, gunakan stabilizer atau tripod ya! 

  • Amati kondisi pencahayaan

 

Memotret dengan HP artinya membuat Sahabat Studio Pelangi leluasa mengatur level pencahayaan ke objek secara otomatis. Cukup dengan klik objek yang ingin diterangkan di layar, maka objek sudah terang. 

 

Namun, itu hanya berlaku bagi HP yang sudah canggih resolusi dan sensitivitasnya. Karena itu, tetaplah amati dan pastikan kondisi pencahayaan. Pencahayaan yang cukup akan menghasilkan objek yang seimbang. 

  • Maksimalkan kaki

 

Tentu saja, memaksimalkan kaki justru membuat hasil foto Sahabat Studio Pelangi lebih maksimal lho. 

Keuntungannya, hasil foto lebih tajam dan jelas. Dibanding dengan zooming, hasil foto rentan buram dan berguncang. Bahkan, ada juga resolusi gambar yang pecah karena zoom ini. 

Yuk mulai beranikan diri untuk mendekati objek dan subjek foto, Sahabat Studio Pelangi! 

  • Eksplorasi angle atau sudut bidik

 

Sudut bidik atau biasa dikenal angle ini sebenarnya cukup kaya lho untuk dieksplor, Sahabat Studio Pelangi. 

Sahabat Studio Pelangi bisa mulai dari sisi kanan, kiri, atas, bawah, 45 derajat dan sebagainya. Varian sudut bidik ini bisa diakses lewat Instagram, Pinterest, Behance, atau situs-situs yang memuat tentang referensi fotografi. 

Perbanyak pula frekuensi hunting foto supaya Sahabat Studio Pelangi tidak mentok angle ya! 

  • Pelajari komposisi

 

Komposisi di fotografi HP cukup kaya referensi. Komposisi itu penting dan ini menjadi kunci dalam tips fotografi HP. 

Misalnya warna, bentuk, garis, latar belakang (background), dan sebagainya. Untuk tingkat lebih kompleks, komposisi rule of third, golden ratio atau rasio emas, spiral, pola, repetisi juga biasa dalam tips fotografi HP. 

  • Peka dan cepat tangkap momen

 

Setelah terbiasa dengan komposisi, saatnya mulai asah kepekaan dan cepat menangkap momen. Begitu ada momen yang pas, langsung potret! 

Tujuannya, agar Sahabat Studio Pelangi tidak hanya terpaku dari referensi di media sosial. Anda sendiri bisa ciptakan atau temukan momen itu dengan memperhatikan situasi di sekeliling. 

Tidak perlu yang rumit, momen sederhana di lingkungan Sahabat Studio Pelangi pasti ada. Yuk coba eksplorasi!

  • Tahan dulu agar foto tersimpan

 

Proses penyimpanan foto kamera HP sedikit berbeda dengan kamera DSLR dan mirrorless. Apalagi kalau memotret di kondisi minim cahaya atau waktu shutter lambat. HP butuh waktu sekian detik untuk menyimpan hasil foto. 

Jadi setelah menekan layar, coba tahan dulu sampai foto yang dijepret tersimpan. Setelah itu, baru tunjukkan hasilnya di galeri ya, Sahabat Studio Pelangi. 

Nah itulah tips fotografi HP secara sederhana yang dirangkum Studio Pelangi Semarang. Studio Pelangi Semarang juga bisa memotret Anda lewat HP untuk foto produk, fesyen, wedding, dan pre-wedding

Studio Pelangi Semarang juga berpengalaman di bidang jasa foto wedding, pre-wedding, fesyen, foto produk, dan dokumentasi acara. Jadi, jangan sampai salah pilih jasa fotografi di Semarang ya! 


1 Komentar

7 Panduan Fotografi HP yang Kilat serta Simpel, Ini Ia! – 22gigantes.com · 06/01/2020 pada 10:35

[…] Ayo mulai beranikan diri buat mendekati objek serta subjek gambar, Teman Studio Pelangi! […]

Tinggalkan Balasan