Sebuah produksi pembuatan video terbagi atas dua hal, tergantung dari kamera yang digunakan. Yang pertama adalah Single Cam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan 1 kamera saja. Yang kedua adalah Multicam, yaitu sebuah produksi yang dalam proses syutingnya menggunakan lebih dari 1 kamera.

Kebutuhan Video Multi Camera 

Berbagai acara yang biasanya menggunakan system multicam adalah berbagai acara yang sering kita nonton di televisi, seperti acara music, acara varietas, acara permainan, situasi komedi, dan talkshow. Di televisi tentunya kita sering menemukan tayangan dengan keterangan Live di ujung kanan atas. Nah, tayangan televisi yang seperti ini menggunakan system multicam.

Dalam pengambilan video menggunakan system multicam, jenis-jenis peralatan yang digunakan akan lebih beragam jika dibandingkan dengan sistem single cam. Setidaknya ada 11 daftar alat yang wajib dibawa jika akan shooting dengan menggunakan system multicam. Alat-alat tersebut di antaranya:

  1. Audio Mixer
  2. Audio Set (Clip On, Microphone, dsb)
  3. Camera Control Unit/ CCU
  4. Character Generator
  5. Kamera
  6. Monitor
  7. Talkback
  8. Teleprompter
  9. Vision Mixer/ Switcher
  10. Video Tape Recorder
  11. Waveform

Portfolio Studio Pelangi

Membicarakan perihal multi camera studio pelangi merupakan salah satu vendor yang menyediakan jasa layanan sewa multikamera terutama yang berada di kota Solo dan sekitarnya. Studio pelangi sebagai vendor yang berdiri puluhan tahun tentunya banyak pengalaman yang dimiliki oleh studio pelangi. Dengan pengalaman yang banyak juga studio pelangi memiliki banyak client yang bekerjasama dengan studio pelangi dan mempercayakan video shootingnya kepada studio pelangi.

Pada kesempatan kali ini studio pelangi dipercaya untuk mengurus sebuah event. Yaitu event yang diadakan oleh Bank Mandiri. Seperti yang sudah kita ketahui Bank Mandiri adalah suatu Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) di bagian perbankan, yang melayani jasa simpan pinjam uang yang ada di indonesia. Pada acara ini bank Mandiri melakukan launching yaitu Mandiri Inhealth Contact Center (MICC). Tujuan acara ini diselenggarakan yaitu upaya Mandiri Inhealth untuk memperkuat layanan dalam memenuhi kebutuhan seluruh Peserta dan juga Provider rekanan. MICC memberikan layanan kepada Peserta dan Provider rekanan dalam hal proses administrasi penjaminan produk bagi Peserta Indemnity & Managed Care.

Acara ini diselenggarakan pada Jumat, 4 juni 2021 yang bertempatkan di ballroom Swissbell Hotel solo. Swissbell Hotel merupakan salah satu hotel yang terkenal di kota solo yang beralamatkan di Jl. Ahmad Yani No. 45, Gilingan, Banjarsari, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Acara Mandiri Inhealth Contact Center dihadiri Komisaris Mandiri Inhealth Fachmi Idris, Komisaris Mandiri Inhealth Prastuti Soewondo, RCEO Bank Mandiri Region VII Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Dessy Wahyuni, Direktur Utama Mandiri Inhealth Budi Tampubolon, Komisaris Utama Mandiri Inhealth Yusak Labanta S Silalahi, Direktur Mandiri Inhealth Rahmat Syukri, Direktur Mandiri Inhealth Oni Jauhari dan tamu undangan lainnya.

Acara ini dimulai pada pukul 07.00 dengan diawali dengan Swab Antigen bagi panitia penyelenggara acara kemudian dilanjutkan dengan swab antigen bagi tamu undangan yang menghadiri acara tersebut. Upaya ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran covid-19 yang sedang melanda negeri kita ini. Setelah prosesi antigen panitia dan tamu undangan kemudian dilanjutkan dengan masuknya tamu undangan ke ballroom Swissbell hotel dengan disambut tarian dari penari yang cantik dan menawan. Setelah tamu undangan semuanya sudah masuk kedalam ruangan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya sebagai rasa cinta kita kepada bumi pertiwi. Setelah menyanyikan lagu indonesia raya kemudian dilanjutkan dengan performa musik dari MICC yang membawakan sebuah lagu berjudul “ Meraih Bintang “.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan yang dibawakan oleh MC acara, kemudian diputarnya video sejarah dari MICC. hingga pemutaran video selesai kemudian dilanjutkan dengan Pemberian cinderamata oleh Direktur Utama MI kepada Group Head Service Bank Mandiri. Setelah pemberian cinderamata kemudian dilanjutkannya dengan sambutan – sambutan dari jajaran bank Mandiri dan MIC . lalu menuju acara puncak yaitu Prosesi launching + pemutaran Video Bumper MICC serta foto bersama. Tepat pada pukul 10.00 acara ini selesai dan ditutup oleh MC kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang.

Acara yang berlangsung di Ballroom Swissbell Hotel solo ini berjalan dengan lancar sesuai dengan susunan acara yang telah disusun sebelumnya. Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan Video Shooting Multicamera menyelesaikan tugasnya dengan baik, dengan kultias kamera dan koneksi yang baik Shooting dapat dilaksanakan dengan baik dan jelas tanpa adanya kendala. Kordinasi dari panitia dan tim studio pelangi juga berjalan dengan baik sehingga cara MICC yang bertempatkan di Ballroom SwissBell Hotel Solo ini sukses diselenggarakan.

Kamera Studio Pelangi

Dari hasil yang sangat bagus tentunya didukung oleh alat yang memadahi. Kami sebagai penyedia jas live streaming yang berpengalaman tentunya kami memiliki alat yang memadahi berikut ini merupakan spesifikasi kamera yang digunakan studio pelangi pada acara yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri yang bertempatkan di Ballroom SwissBell Hotel Solo :

SONY NX 100

  • Single 1″ Exmor R CMOS Sensor.
  • 1920×1080 up to 60p.
  • Sony G Lens with 12x Optical Zoom.
  • 24x Clear Image Zoom, 48x Digital Zoom.
  • Discrete Manual Focus, Zoom, Iris Rings.
  • XAVC S, AVCHD 2.0, DV Recording Codecs.
  • Create & Share Picture Profiles.
  • Slow and Quick Motion Function.

SONY MC 88

  • 14.2MP 1″ Exmor RS CMOS Sensor.
  • BIONZ X image processor.
  • Record up to Full HD 1080p60 at 28 Mb/s.
  • 29mm ZEISS Lensa Wide-Angle.
  • OLED Viewfinder dengan 2.36 Million Dots.
  • Sony Multi Interface (MI) Shoe.
  • 3.5″ OLED touchscreen LCD monitor.
  • 0.39″ viewfinder.

Dengan kualitas kamera yang bagus dan mendukung tentunya hasil live streaming juga bagus sehingga setiap tamu undangan yang menyaksikannya melalui streaming, dapat dengan jelas mengikuti acara MICC yang diselenggarakan oleh bank mandiri.

Bagaimana apakah saudara tertarik dengan jasa video Multikamera  yang ditawarkan oleh studio pelangi? Jangan sampai anda salah pilih jasa layanan, pilihlah yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam bidangnya sehingga kualitas yang dimiliki oleh studio pelangi tentunya tidak meragukan lagi. Sudah banyak yang membuktikan dkualitas studio pelangi dan mereka puas akan pelayanan yang diberikan oleh studio pelangi. Jikan anda tertarikmenggunakan jasa studio pelangi anda bisa segera mengubungi kami di  0821-3867-4412.  Kami pasti akan datang dan siap mendokumentasikan rekaman setiap momen acara anda.

Sekian untuk artikel kali ini salam sukses untuk semua 🙂