Tak bisa dipungkiri, perkembangan dunia telah semakin maju. Era pun telah berubah menjadi serba multimedia dan digital. Bahkan, perubahan format analog ke digital ini telah merambah ke semua alat elektronik yang sebagian besar dibutuhkan oleh kaum urban. Mulai dari televisi, handphone, kamera, dan lain sebagainya. Apalagi, digitalisasi dianggap lebih sederhana dan praktis, baik dari segi dokumentasi hingga pengoperasiannya. 

1 Mengenal Apa Itu Video Production

Salah satu bentuk digitalisasi yang saat ini tengah digandrungi adalah video production. Perlu diketahui, video production merupakan suatu usaha produksi di bidang multimedia yang secara khusus menangani kebutuhan pemrosesan video. 

Perkembangan dunia video production dari masa ke masa

Jika ditelaah lebih dalam, perkembangan video production berbasis audio visual ini bisa dilihat melalui banyaknya perkembangan format output yang telah dihasilkan. Misalnya saja, film, sinetron, iklan, video klip musik, reality show, infotainment, dan lain sebagainya. 

Diketahui, dunia video ini mulai bangkit di awal abad ke-20 ketika industri perfilman mulai menjelma menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Saat itu, belum ada istilah video editor. Masyarakat awam hanya mengenal istilah ‘tukang gunting dan sambung’ pita rol film. Sebab, saat itu sebagian besar film yang diproduksi masih menggunakan pita yang digulung. 

Pada tahun 1930-an, industri perfilman di Indonesia mulai bermunculan di beberapa kota besar. Peran video editor pun mulai dibutuhkan untuk memotong bagian tertentu dari film yang dinilai bertentangan dengan etika masyarakat. 

Berlanjut di tahun 1960-an, perkembangan teknologi industri semakin maju. Bahkan, dunia pertelevisian dan sinematik mengubah fungsi video editor bukan sekadar jadi ‘tukang gunting dan sambung’ pita rol film. 

Hal ini terus berlanjut hingga pertengahan tahun 1970-an. Nama video editor kian dikenal secara luas seiring perkembangan perangkat video. Teknik dan kualitas yang dihasilkan juga semakin berkembang bersamaan dengan perangkat elektronika record-play. Mulai dari laser disc, VCD, dan DVD yang dengan cepat jadi konsumsi publik. 

Kini, para video editor  telah menjelma menjadi individu yang mampu menggabungkan unsur etika dan estetika sehingga memiliki nilai seni serta imajinasi tingkat tinggi. Jika dulu untuk menonton film harus datang ke gedung bioskop, maka saat ini Anda sudah bisa menikmati film favorit melalui pesawat televisi, komputer, hingga handphone. 

Mekanisme kerja bisnis video production

Ada banyak jenis video production yang saat ini berkembang. Mulai dari bentuk transfer video, company profile, dokumentasi event, pembuatan iklan, film pendek, dan lain sebagainya. Tentu saja, usaha ini lekat dengan bentuk usaha Production House (PH) atau yang sering dikenal dengan nama rumah produksi.

Bisa dikatakan, usaha video production berada di tengah-tengah, antara usaha editing video dan production house. Namun yang perlu digaris bawahi adalah, video production bukan hanya soal mengedit video saja, tapi juga melakukan shooting atau pengambilan gambar.  Tak sedikit pula yang sekaligus membuat naskah skenario atau script suatu film, iklan, lalu menyutradarai pengambilan gambarnya. 

Video production bisa jadi salah satu pilihan alternatif peluang usaha dengan prospek luar biasa. Tak butuh modal besar. Anda sudah bisa menjalankan usaha multimedia ini hanya dengan modal minimal Rp 10 juta. Jumlah kru yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Bahkan, Anda bisa melakukannya seorang diri asal memiliki kemampuan dalam mengoperasikan kamera dan alat pendukung lainnya, sekaligus mengeditnya. 

Jadi jangan heran, jika bisnis kecil-kecilan dengan income luar biasa ini bisa dikerjakan di rumah dengan memanfaatkan ruang yang ada. Anda cukup menyediakan ruang dengan luas 3×3 m2, maka Anda sudah bisa menjalankan bisnis tersebut secara mandiri. 

Prospek usaha video production

Siapapun pasti tahu, berkembangnya industri pertelevisian nasional dan juga lokal sangat berdampak pada pertumbuhan industri hiburan di Tanah Air. Seperti misalnya, komedi, ajang pencarian bakat, dan lain sebagainya. 

Dari bisnis itulah kemudian berkembang hingga ke dunia industri video editing, seperti halnya periklanan, production house, animator, promotor, event organizer, dan lain sebagainya. 

Dengan adanya semangat berkompetisi secara profesional, daya kreasi dan inovasi di bidang penyajian materi media visual pun turut meningkat. Apalagi, seiring dengan otonomi daerah, berdirinya beberapa stasiun televisi lokal tentu memberi angin segar bagi para PH untuk berlomba dalam memproduksi acara lokal dan menjualnya ke stasiun televisi tersebut. 

See also  Jasa Dokumentasi Video Semarang

Umumnya, PH lokal seperti ini membuat tema program yang telah ada di televisi nasional dengan kemasan tayangan khas lokal yang menarik. Tentu saja, didukung juga dengan potensi daerahnya masing-masing. Hal ini jelas membuka peluang kerja yang sangat luas sehingga mampu mengurangi angka pengangguran. 

Jikalau tidak berkarya dalam suatu PH atau televisi lokal, seorang video editor profesional masih tetap dibutuhkan untuk berbagai keperluan pembuatan dan pengolahan video. Bahkan, kebutuhan ini terus bertambah, baik jenis dan juga kuantitasnya. 

Dengan menawarkan harga yang terjangkau, bisnis video production ini semakin meluas di kalangan masyarakat. Apalagi jika didukung dengan adanya peningkatan kualitas, baik dari teknologi peralatan pendukung hingga kreativitas penciptanya. 

Jenis video production yang terpopuler

Dari penjelasan soal prospek usaha video production di atas, ternyata aktivitas satu ini menghasilkan beberapa bentuk video yang populer di kalangan masyarakat. Di antaranya sebagai berikut:

Video company profile

Suatu perusahaan pasti dituntut untuk mampu membangun citra diri yang sesuai sehingga mampu menarik simpati klien. Ketahuilah, keberhasilan memperkenalkan diri atau public relation adalah pintu awal dari kesuksesan selanjutnya. Oleh sebab itulah, perusahaan membutuhkan suatu sarana yang digunakan sebagai company profile. 

Umumnya, sarana pendukung company profile ini berupa media kertas, file presentasi, ataupun video yang menyajikan informasi secara lengkap, menarik, padat, dan jelas. 

Berdasarkan tren masa kini, company profile yang dibuat dalam format video jadi salah satu yang paling digemari. Fungsinya sebagai bahan perkenalan, display pameran, hingga presentasi. Melalui media satu ini, klien dan masyarakat umum bisa mendapatkan gambaran keseluruhan tentang perusahaan maupun produk yang ditawarkan. 

Video laporan perkembangan

Biasanya, instansi pemerintahan, LSM, sekolah, atau lembaga lainnya diharuskan untuk menyampaikan perkembangan produktivitas kerja atau proses secara berkala kepada public. Untuk keperluan seperti ini digunakan annual report yang bukan sekadar dalam format cetak saja, tapi juga dilengkapi dengan video yang menarik. 

Video biografi

Jenis video production satu ini paling sering digunakan untuk mendukung peluncuran buku biografi atau kampanye politik. Apalagi saat ini sudah banyak daerah yang melakukan pemilihan kepala daerah secara langsung dan transparan. Dengan begitu, diperlukan video biografi guna menarik simpati massa. 

Selain itu, video biografi semacam ini juga bisa digunakan untuk acara-acara yang sifatnya formal maupun non-formal. Misalnya, ulang tahun, pernikahan, budaya, hingga perkenalan pimpinan baru di suatu perusahaan.

Video instruksional seputar edukasi dan bisnis

Hampir setiap lembaga pendidikan atau perusahaan berkepentingan dalam memberikan suatu pelatihan ataupun materi ajar kepada siswa dan pegawai di dalamnya. Materi ajar atau instruksi suatu pekerja pasti jadi lebih mudah dan cepat dipelajari apabila dikemas dalam bentuk video yang menarik. 

Selain itu, bentuk video instruksional akan membantu penyampai materi dalam menjelaskan suatu proses kerja, strategi dan petunjuk teknis. Video seperti ini juga bisa dijadikan bahan pendukung modul pelatihan yang bersifat massal. 

Video presentasi

Jika diartikan, presentasi adalah salah satu aktivitas untuk menyampaikan suatu materi di depan banyak orang. Umumnya, presentasi ini digunakan untuk memperkenalkan produk baru, melaporkan perkembangan perusahaan, menawarkan peluang usaha kepada investor, dan lain sebagainya. 

Sama seperti fungsi sebelumnya, penyampaian presentasi dengan media video seperti ini jadi lebih hidup, lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih profesional. Bahkan, tak sedikit orang yang menganggap kehadiran video dalam suatu presentasi mampu meningkatkan citra perusahaan ataupun lembaga yang menampilkannya. 

Iklan layanan masyarakat

Iklan telah jadi sarana wajib bagi suatu lembaga profit maupun non-profit, seperti misalnya instansi pemerintah hingga Lembaga swadaya Masyarakat (LSM). Untuk lembaga profit, iklan seringkali digunakan sebagai media menawarkan suatu produk ataupun jasa. 

Sementara untuk lembaga non-profit, iklan digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat tentang keberadaan lembaga tersebut, visi misi, dan program yang diusung. Biasanya, iklan layanan masyarakat seperti ini memiliki rentang durasi sekitar 30 hingga 60 detik. 

Video dokumentasi 

Dokumentasi suatu acara biasanya disiarkan secara langsung atau melalui video proyektor dan televisi. Bisa juga ditransfer dalam bentuk VCD/DVD yang lebih praktis dan mudah dibawa ke mana saja. 

Adapun contoh acara yang bisa dijadikan proyek paket dokumentasi, di antaranya:

  • Acara pernikahan yang dokumentasinya terdiri dari rangkaian acara mulai dari lamaran, upacara adat, pre-wedding, akad hingga resepsi pernikahan. 
  • Seminar, lokakarya, rapat kerja, atau konferensi juga membutuhkan dokumentasi acara yang harus ditangani dengan baik. Sebab, arsip video semacam ini berguna untuk semua pihak yang berkepentingan. Mulai dari panitia, lembaga, sponsor, dan lain sebagainya. 
See also  Jasa Dokumentasi Solo

Tips memilih production house yang tepat untuk kepentingan video production bisnis

Di zaman seperti saat ini, rasanya hampir semua orang keranjingan menonton video. Nyatanya memang sudah bukan rahasia lagi, jika video adalah jenis konten yang paling berpengaruh dalam strategi pemasaran modern. 

Kepopuleran jenis konten video bukan tanpa alasan. Gambar dan suara yang disertai dengan cerita menarik, membuat video bukan sekadar jadi media yang persuasif, tapi juga jadi sarana hiburan bagi penontonnya. 

Apabila Anda memutuskan untuk memproduksi video, maka memilih suatu production house tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, kehadiran production house bukan hanya jadi penentu kualitas video Anda, tapi juga memastikan pesan Anda tersampaikan dengan baik. Tentunya, production house yang profesional dan berpengalaman bakal menyeimbangkan kedua aspek tersebut. 

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih rekanan production house demi kelancaran strategi marketing yang telah dibuat. 

Perhatikan portofolio yang dimiliki

Setiap production house pasti memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing. Ada production house yang unggul dalam pembuatan company profile, tapi ada juga yang lebih mumpuni di bidang video musik ataupun iklan. 

Jadi, langkah pertama untuk memilih production house yang tepat adalah memperhatikan portofolio yang mereka miliki. Pelajari karakter production house yang akan Anda ajak bekerjasama dengan seksama. Setelah itu, padukan dengan jenis video yang ingin Anda buat. 

Jika Anda ingin membuat video marketing dengan karakter storytelling ads, maka sebaiknya jangan memilih production house yang hanya terbiasa membuat company profile. 

Mampu menjalin chemistry dengan baik

Poin satu ini terbilang penting, meski terdengar sederhana. Jadi, Anda tidak boleh menyepelekannya. Sebab, rata-rata produksi video memakan waktu sekitar 3 minggu hingga 1 bulan lamanya. Artinya, Anda akan bekerjasama cukup intens dalam kurun waktu tersebut. Oleh sebab itulah, chemistry antara Anda dan tim dari production house tersebut sangat krusial. 

Biasanya dalam memilih production house ada proses pitching. Proses ini memungkinkan Anda untuk mengundang 2 hingga 3 production house. Ketika proses ini berlangsung, Anda harus mengajak mereka untuk mengobrol dan diskusi tentang banyak hal. Jangan segan untuk menggali bagaimana sistem kerja mereka dan seperti apa pendekatannya. 

Melalui cara inilah, Anda bisa memahami production house mana yang memiliki chemistry paling kuat dan pas dengan tim yang Anda miliki. 

Latar belakang founder dan tim

Perlu disadari dengan baik, pendiri production house sangat beragam. Ada yang latar belakangnya pebisnis, penulis, teknisi, ataupun sutradara. Nah, biasanya latar belakang founder sangat menentukan trik pendekatan seperti apa yang dibudayakan oleh production house itu sendiri. 

Contohnya, jika latar belakang founder production house tersebut adalah penulis atau sutradara film, maka pendekatannya pun pasti akan terpengaruh. Biasanya, production house seperti ini lebih menaruh perhatian pada cerita dan karakter. Sesingkat apapun durasi video yang disajikan, karakter yang ditampilkan pasti menarik dengan alur cerita yang rapi. 

Jadi, tak ada salahnya jika Anda menyempatkan sedikit waktu untuk sekadar mencari tahu siapa founder dan bagaimana latar belakangnya sebelum memilih suatu production house. 

Kreativitas dan ide yang dikemas

Lazimnya, sebelum melakukan kerjasama dengan production house, kita sebagai klien yang akan meminta mereka untuk mengirimkan presentasi kreatif. Presentasi ini bisa berupa gambaran besar tentang bagaimana suatu proyek akan berjalan. 

Pada momen inilah, Anda akan pertama kali melihat ide yang tadinya abstrak menjadi sedikit lebih konkret. Anda pun bisa melihat keseluruhan jalan cerita, pemain, lokasi syuting, dan lain sebagainya. 

Anda disarankan untuk benar-benar mempelajari presentasi kreatif yang ditawarkan oleh production house tersebut. Lebih baik lagi jika Anda menyempatkan waktu untuk mengundang mereka melakukan presentasi secara langsung. Dengan demikian, Anda memiliki kesempatan untuk menggali lebih dalam konsep yang ditawarkan. 

Pada titik ini pula Anda bisa melihat apakah production house tersebut benar-benar siap memproduksi video yang diinginkan. Pilih production house yang bukan hanya memiliki ide paling kreatif saja, tapi juga sesuai dan siap untuk memproduksi video Anda. 

Penawaran sutradara

Umumnya, suatu production house hanya diisi oleh produser, penulis, dan staf manajerial, seperti tim akunting. Apabila ada sutradara, biasanya mereka bekerja secara freelance dan baru diajukan oleh production house ketika ide kreatif mulai ditawarkan. 

Apabila ada production house yang tidak menawarkan daftar sutradara, maka Anda berhak bertanya dan meminta kepada mereka selayaknya konsumen. Ketahuilah, tim kreatif dari production house memang sangat penting. Namun, kehadiran seorang sutradara juga tak kalah penting. 

Sebab, sutradara merupakan penentu akhir bagus atau tidaknya suatu video yang telah dibuat. Seperti halnya penulis yang menentukan tulang punggung cerita atau produser yang mengelola kelancaran suatu proyek. 

Percayalah, tanpa kehadiran sutradara yang tepat, proyek Anda akan sia-sia. Jadi, Anda sangat disarankan untuk meminta showreel dari sutradara yang diajukan dan jangan lupa untuk menonton semua hasil karya sebelumnya. Memilih sutradara yang tepat sama pentingnya dengan memilih production house. 

Demikian ulasan mengenai video production beberapa informasi pendukung lainnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder