Video company profile adalah salah satu cara untuk mempromosikan suatu produk maupun jasa perusahaan. Seiring dengan berkembangnya era digital saat ini, strategi pengiklanan dengan menggunakan video menjadi daya tarik besar. Berikut akan dijelaskan mengenai apa itu video company profile, fungsinya dan cara membuat video company profile.

Pengertian video company profile

Video company profile adalah sarana komunikasi berupa video pendek yang berisi penyajian data singkat dan menarik. Video company profile dibuat dengan tujuan untuk periklanan atau promosi suatu produk atau jasa perusahaan ke masyarakat umum atau calon konsumen dan klien. Video company profile harus dibuat sebaik mungkin, karena melalui video ini anda dapat membangun citra perusahaan dimata masyarakat atau calon konsumen.

Manfaat video company profile

Selain untuk mempromosikan suatu produk atau jasa perusahaan, video company profile atau perusahaan harus memuat konten menarik serta mengandung visi dan misi perusahan. Style dan sistem produksi harus dibuat semenarik dan dengan tingkat kreativitas tinggi. Berikut beberapa fungsi dan manfaat dari video company profile:

  • Dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjelaskan latar belakang perusahaan

Masyarakat umum atau calon konsumen dan klien akan lebih cepat bosan ketika anda menjelaskan asal-usul atau latar belakang perusahaan anda dalam bentuk narasi panjang dan berbelit. Dengan hadirnya video company profile dapat membantu para calon konsumen atau klien untuk memahami latar belakang perusahaan anda secara mudah dan hemat waktu.

  • Membantu anda memenangkan persaingan pasar dengan strategi pemasaran yang menarik.

Untuk kemajuan perusahaan maka anda harus terus belajar mengikuti perkembangan era agar tidak kalah saing dan dapat memenangkan pasaran. Dengan mengikuti perkembangan dan tren-tren di tengah masyarakat dapat menjadikan perusahaan anda lebih unggul dan menarik minat masyarakat atau para calon konsumen dan klien.

  • Membantu mengangkat citra perusahaan

Tidak ada perusahaan dan produk bisnis yang sangat sempurna atau tanpa kekurangan satupun. Dengan adanya video company profile dapat membantu menyamarkan kekurangan perusahaan atau produk bisnis anda. Karena merupakan media penyampaian pesan yang efektif dan kreatif, sehingga video company profile dibuat sedemikian mungkin untuk mengangkat kelebihan yang dimiliki perusahaan.

  • Sebagai sarana pengiklanan atau promosi yang lebih efektif

Dengan mengunggah video company profile pada platform youtube, instagram facebook dan lain sebagainya lebih menguntungkan pemilik perusahaan dikarenakan promosi akan terus berkelanjutan dan selalu ada. Karena dapat diakses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan PC maupun smartphone. Hail ini dapat meningkatkan peluang suatu perusahaan atau produk bisnis akan semakin dikenal oleh khalayak umum, tanpa batasan waktu.

 

Tips membuat video company profile

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba membuat video company profile profesional, berikut akan dijelaskan tips-tips dalam membuat video company profile agar menarik dan dapat membantu anda dalam promosi perusahaan ataupun produk perusahaan.

  • Buat skrip terlebih dahulu

Skrip adalah hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mulai membuat video company profile. Skrip sangat penting dalam proposal penawaran video company profile. Hal ini dikarenakan skrip dapat membantu mengarahkan alur produksi video nantinya. Dalam membuat skrip harus kreatif atau tidak boleh asal membuat. Isi konten di dalamnya harus mengandung informasi yang semenarik mungkin sehingga tingkat ketertarikan masyarakat atau para calon konsumen dan klien semakin tinggi. Untuk membuat video company yang profesional, sebaiknya tanyakan pada mereka yang paham bidang marketing ataupun dengan meminta pendapat orang lain.

  • Menggunakan peralatan berkualitas

Demi menarik calon konsumen dan klien, maka kualitas video company profile harus dibuat bagus. Hal tersebut dapat tercapai dengan penggunaan peralatan pendukung yang berkualitas tinggi. Dengan kualitas video yang rendah akan mengurangi minat penonton dan akan merugikan perusahaan anda. Para penonton akan lebih meragukan asal-usul perusahaan anda dengan menilai dari video company profile yang jelek atau buruk. Jika anda tidak punya peralatan tersebut dan tidak tahu cara pengambilan gambar yang tepat, maka disarankan untuk menyewa jasa video company profile jakarta.

  • Maksimalkan penggunaan b-roll

Tips selanjutnya dalam membuat video company profile adalah dengan memaksimalkan pemakaian b-roll. B-roll adalah istilah yang digunakan untuk menyebut klip tambahan yang diselingi oleh footage utama. Misalkan pada kebanyakan video wawancara. B-roll merupakan gambaran yang biasa terlihat saat adanya transisi layar dari wajah pembicara menjadi suatu gambar produk atau jasa layanan tertentu. Model merekam yang satu ini terbukti dapat memberikan informasi menarik yang tidak jauh dari citra utama suatu produk atau perusahaan dalam video b-roll tersebut.

  • Gunakan jasa pembuatan video company profile

Untuk mendapat hasil video company profile yang berkualitas, maka sebaiknya anda menggunakan tenaga profesional yakni dengan menyewa jasa pembuatan video company profile. Saat ini sudah banyak layanan jasa pembuatan video company profile yang menawarkan jasa mereka dengan harga jasa pembuatan video company profile yang terjangkau dengan hasil yang memuaskan. Sebelum menyewa jasa pembuatan video company profile mintalah terlebih dahulu contoh proposal pembuatan video company profile untuk menilai kinerja dan kualitas video yang akan anda sewa nantinya.

Apa saja yang dimuat di dalam video company profile

Untuk membangun citra perusahaan yang baik dan sesuai dengan keinginan anda, maka terdapat beberapa hal penting yang harus termuat di dalam video company profile diantaranya;

  • Citra perusahaan berupa visi dan misi

Citra perusahaan yang berupa visi dan misi perusahaan menggambarkan model dan bentuk produk atau jasa suatu perusahaan, latar belakang perusahaan, fokus dan arah perusahaan serta bagaimana langkah yang akan atau sedang dijalankan. Dengan visi dan misi yang jelas dapat membangun kepercayaan para calon konsumen dan klien.

  • Bentuk produk dan jasa perusahaan

Dengan memasukkan produk dan jasa layanan perusahaan anda, dapat menarik perhatian calon konsumen dan klien. Hal ini juga dapat membangun identitas perusahaan. Deskripsikan produk atau jasa anda dalam bentuk adegan, teks dalam visual sehingga dapat membantu memperjelas nama, jenis, model produk atau jasa yang akan ditawarkan.

  • Pencapaian yang diperoleh sampai saat ini

Kesuksesan  atau keberhasilan suatu perusahaan dapat dilihat dari hasil prestasi atau pencapaiannya. Dengan adanya prestasi dan pencapaian dapat membuktikan kualitas dan mutu suatu perusahaan. Point ini akan lebih menarik jika disajikan dalam bentuk grafik, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan cerita adegan.

  • Tambahkan role model

Dengan menggunakan tokoh yang terkenal sebagai role model dalam video company profile anda dapat meningkatkan minat para calon konsumen dan klien.

Video company profile adalah media yang digunakan untuk membantu proses periklanan dan promosi suatu perusahaan. Dengan mengetahui manfaat, tips membuat dan unsur yang terkandung di dalamnya dapat membantu melancarkan proses promosi perusahaan. Anda juga dapat mencari jasa pembuat video dengan harga jasa video company profile yang terjangkau.