Apakah Anda pernah mendengar Podcast? Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengerti apa itu Podcast. Podcast adalah salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting. Meskipun kerap kali disebut mirip dengan radio, namun bisa dibilang podcast lebih praktis ketimbang radio. Tentu saja karena podcast lahir pada generasi digital yang serba cepat dan mudah untuk diakses.

 

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Bisa diulang, karena memang sudah diunduh di awal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio.

 

Keunggulan Podcast

Keunggulan lain dari podcast selain mudah diakses juga memiliki banyak pilihan serta tidak ada iklan berlebihan seperti radio. Bila kamu belum pernah menggunakan podcast sebelumnya, jangan khawatir karena cara mengaksesnya sangat mudah dan bisa kapan saja sesuai dengan keinginanmu. Berikut Manfaat Podcast :

 

  • Memberikan stimulasi otak yang sama dengan membaca buku
  • Mendapatkan pengetahuan baru
  • Membantumu mengembangkan diri
  • Memberikan inspirasi
  • Menemani saat bekerja
  • Membantumu menjadi pendengar yang baik

 

Agar hasil podcast yang dibuat menjadi sangat bagus dan enak untuk didengar tentunya perlu menggunakan berbagai alat yang berkualitas dan mumpuni sehingga anda perlu pandai memilih alat podcast yang akan anda gunakan berikut ini alat yang perlu anda gunakan ketika akan membuat podcast :

 

  1. Mikrofon

Membahas mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast tentu tidak boleh ketinggalan dengan yang namanya mikrofon. Bagaimana tidak? Untuk membuat suaramu dapat terdengar dengan jelas, kamu pastinya akan membutuhkan bantuan dari mikrofon. Biasanya, pendengar yang jeli akan bisa membedakan antara mikrofon berkualitas rendah dan mikrofon dengan kualitas tinggi.

 

Selain itu, sebelum memutuskan untuk membeli mikrofon kamu juga perlu untuk memilih jenis mikrofon apa yang akan kamu gunakan, apakah itu mikrofon USB ataupun mikrofon analog (XLR). Mikrofon USB dapat mengkonversi suara analog menjadi digital sehingga kamu dapat menyambungkan mikrofon tersebut ke komputer manapun dan mulai merekam tanpa mendapatkan banyak kendala.

 

Sedangkan untuk mikrofon analog menggunakan konektor XLR yang mana kamu akan memerlukan perangkat lainnya untuk mengkonversi audio ke komputer. Dikarenakan tidak membutuhkan perangkat tambahan, mikrofon USB tentu memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan mikrofon analog, namun hal tersebut justru juga akan memberikan potensi untuk menghasilkan kualitas audio yang lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan mikrofon analog.

 

  1. Perekam XLR Portable

 

Perekam XLR Portable juga memasuki jajaran tentang alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast, khususnya jika kamu memutuskan untuk menggunakan mikrofon analog. Perekam XLR portable dibutuhkan untuk menangkap audio analog kamu dan mengkonversinya menjadi digital.

 

Selain itu XLR portable juga dapat menangkap beberapa suara saluran mikrofon dan memungkinkan untuk melakukan penyesuaian volume suara serta mematikannya dengan cepat. File audio secara otomatis dapat diatur dan disimpan di dalam kartu memori yang dapat dimasukan ke pembaca kartu atau slot di komputer.

 

  1. Audio Interface

 

Jika kamu ingin merekam secara langsung ke komputer dengan menggunakan mikrofon analog, maka kamu memerlukan audio interface sebagai salah satu alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast ini. Perangkat ini memungkinkan kamu untuk memasukan satu atau lebih mikrofon analog dan mengkonversi audio analog menjadi digital.

Sebagian besar audio interface dapat terhubung ke komputer melalui USB atau Firewire. Audio interface ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang bervariatif, tergantung pada apa yang kamu butuhkan.

 

  1. Komputer

 

Selain mikrofon, komputer juga merupakan salah satu alat yang sangat penting dalam membuat podcast. Hal tersebut dikarenakan komputer itu sendiri kamu perlukan untuk merekam, mengedit, hingga mengunggah podcast yang sudah kamu buat. Untuk mengedit audio, kamu tidak memerlukan banyak daya komputasi.

 

Namun, cara kamu merekam podcast justru berpengaruh terhadap perangkat komputer yang kamu butuhkan, baik itu merekam dengan menggunakan komputer langsung ataupun menggunakan perangkat khusus. Jika kamu memilih untuk menggunakan perangkat khusus, maka sebaiknya kamu memiliki port yang tepat.

 

Sebagai contoh, jika kamu memilih untuk menggunakan mikrofon analog dengan perekam XLR portabel atau perangkat audio interface, maka kamu akan memerlukan jack audio-in 3,5 mm, port USB, atau dalam beberapa kasus, kamu akan membutuhkan port Firewire juga. Maka dari itu, sebelum kamu menghabiskan uang untuk membeli berbagai peralatan, ada baiknya jika kamu pastikan bahwa kamu memiliki komputer yang dapat mendukungnya.

 

  1. Digital Audio Workstation (DAW)

 

Untuk menghasilkan rekaman dan editan yang baik, kamu akan memerlukan Digital Audio Workstation atau yang disingkat sebagai DAW. Termasuk sebagai alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast, banyak sekali opsi atau pilihan DAW yang bisa kamu gunakan. Tetapi, lisensi untuk DAW itu sendiri biasanya menghabiskan biaya yang cukup besar, yakni sekitar $300 hingga $900 untuk lisensi DAW tingkat profesional seperti Reason atau Pro Tools.

Namun ada juga Adobe Audition yang hanya membutuhkan $20 untuk biaya langganan bulanannya. Tetapi, sebagai podcaster pemula, kamu tidak perlu membuang banyak uang untuk peralatan yang mungkin dirasa belum terlalu penting. Saat ini sudah banyak software gratis seperti Audacity yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

 

  1. Pop Filter

 

Alat apa saja yang dibutuhkan untuk podcast terakhir adalah pop filter. Semakin jelas suara audio kamu, maka akan semakin baik pula podcast yang kamu hasilkan. Meskipun alat satu ini tidak terlalu dibutuhkan, tetapi ternyata pop filter memang bisa membantumu dalam menghasilkan suara yang bagus. Harganya cukup murah, tetapi kamu tidak perlu membelinya. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan barang-barang yang tersedia di rumah.

 

Jasa Sewa Alat Podcast

Studio pelangi merupakan salah satu penyedia jasa layanan sewa alat podcast terutama bagi anda yang bertempat tinggal di semarang dan sekitarnya. Studio pelangi memiliki banyak alat yang digunakan untuk pembuatan podcast, yang tentunya berkualitas dan bagus untuk kebutuhan anda.

 

Studio Pelangi berdiri sejak tahun 2008 tentunya studio pelangi memiliki banyak pengalaman dalam menyewakan alat kebutuhan podcast, banyak klien yang sudah menggunakan jasa dari studio pelangi dan mereka puas akan pelayanan alat yang disewakan oleh studio pelangi.

 

Info

Untuk anda yang tertarik dengan jasa kami dan ingin menyewa atau hanya sekedar konsultasi saja, anda dapat menghubungi nomor berikut 0821.3867.4412, dan kami merupakan vendor yang berpengalam sudah bertahun tahun dengan operator dan crew professional yang sudah berpengalaman.

 

Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain artikel