Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengerti apa itu Podcast. Podcast adalah salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting. Meskipun kerap kali disebut mirip dengan radio, namun bisa dibilang podcast lebih praktis ketimbang radio. Tentu saja karena podcast lahir pada generasi digital yang serba cepat dan mudah untuk diakses.

 

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Bisa diulang, karena memang sudah diunduh di awal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio.

 

Sejarah podcast

Salah satu jurnalis The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004, mengusulkan istilah “podcast” yang merupakan kepanjangan dari “play-on-demand” dan “broadcast”. Kemudian, diadopsi oleh perusahaan Apple, pada produk iPod dan Apple Podcasts.

Kemudian, Apple merilis fitur podcast pada tahun 2005. Siaran audio tersebut sudah bermunculan pada berbagai jaringan radio yang ada, seperti BBC, NPR, CBC Radio One, dan lain sebagainya. Untuk sekarang, tidak hanya perusahaan besar yang dapat menayangkan sendiri podcastnya, namun anda juga dapat melakukannya sendiri.

 

Keunggulan Podcast

Keunggulan lain dari podcast selain mudah diakses juga memiliki banyak pilihan serta tidak ada iklan berlebihan seperti radio. Bila kamu belum pernah menggunakan podcast sebelumnya, jangan khawatir karena cara mengaksesnya sangat mudah dan bisa kapan saja sesuai dengan keinginanmu. Berikut Manfaat Podcast :

 

  • Memberikan stimulasi otak yang sama dengan membaca buku
  • Mendapatkan pengetahuan baru
  • Membantumu mengembangkan diri
  • Memberikan inspirasi
  • Menemani saat bekerja
  • Membantumu menjadi pendengar yang baik
See also  Jasa Dokumentasi Foto Pekalongan

 

Jenis – jenis podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, selanjutnya kita akan mengenal jenis – jenisnya. Sehingga, dapat menambah pengetahuan dan informasi anda mengenai dunia penyiaran.

  1. Interview podcast

Jenis yang pertama, merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

  1. Solo podcast

Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh host dan pendengar.

  1. Multi host podcast

Jenis yang ketiga, merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast anda.

Jasa Pembuatan Podcast

 

Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan podcast yang berada di kota semarang dan sekitarnya. Studio pelangi menawarkan berbagai pembuatan podcast yang bisa anda gunakan di platform anda sendiri. Topik anda yang tentukan, Studio Pelangi bisa membantu untuk melakukan riset terkait topik tersebut sebagai bahan podcast.

 

Studio Pelangi sebagai penyedia jasa layanan podcast semarang memiliki banyak pengalaman, kami akan memberikan pelayanan terbaik bagi anda. 

 

Info

Untuk anda yang tertarik dengan jasa kami dan ingin menyewa atau hanya sekedar konsultasi saja, anda dapat menghubungi nomor berikut 0821.3867.4412, dan kami merupakan vendor yang berpengalam sudah bertahun tahun dengan operator dan crew professional yang sudah berpengalaman.

See also  Jasa Live Streaming Pernikahan Kudus

 

Sekian artikel ini kami buat, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain artikel