Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengerti apa itu Podcast. Podcast adalah salah satu media komunikasi yang bisa kita manfaatkan bukan saja untuk berkomunikasi dengan orang lain tapi juga saling berbagi informasi yang menarik dan penting. Meskipun kerap kali disebut mirip dengan radio, namun bisa dibilang podcast lebih praktis ketimbang radio. Tentu saja karena podcast lahir pada generasi digital yang serba cepat dan mudah untuk diakses.

 

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang. Bisa diulang, karena memang sudah diunduh di awal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio.

 

Keunggulan Podcast

Keunggulan lain dari podcast selain mudah diakses juga memiliki banyak pilihan serta tidak ada iklan berlebihan seperti radio. Bila kamu belum pernah menggunakan podcast sebelumnya, jangan khawatir karena cara mengaksesnya sangat mudah dan bisa kapan saja sesuai dengan keinginanmu. Berikut Manfaat Podcast :

 

  • Memberikan stimulasi otak yang sama dengan membaca buku
  • Mendapatkan pengetahuan baru
  • Membantumu mengembangkan diri
  • Memberikan inspirasi
  • Menemani saat bekerja
  • Membantumu menjadi pendengar yang baik

 

Jenis – jenis podcast

Setelah mengetahui apa itu podcast, selanjutnya kita akan mengenal jenis – jenisnya. Sehingga, dapat menambah pengetahuan dan informasi anda mengenai dunia penyiaran.

  1. Interview podcast

Jenis yang pertama, merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

  1. Solo podcast

Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Dimana, dilakukan oleh host dan pendengar.

  1. Multi host podcast

Jenis yang ketiga, merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast anda.

Alat untuk Podcast

Tak seperti produksi konten di media cetak atau online lainnya, podcaster profesional memerlukan banyak alat untuk membuat podcast mereka.

Nah, berikut ini adalah daftar alat yang harus kalian sediakan sebelum memuat konten di podcast menurut Entrepreneur:

 

  1. Mikrofon

 

Audio adalah salah satu poin yang tidak mungkin kamu hindari ketika membuat podcast.

Audiens mungkin akan mengabaikan beberapa aspek pada sebuah podcast, tetapi audio yang buruk tentu tidak dapat ditolerir. 

Sebaiknya hindari mikrofon yang sudah tertanam di berbagai device, dan memilih jenis mikrofon independen yang mumpuni untuk proses rekaman audio.

Zaman sekarang, penggemar podcast dapat membedakan mikrofon dengan kualitas suara yang baik dan buruk.

Maka, menurut Entrepreneur, jenis mikrofon yang direkomendasikan untuk podcaster adalah Audio Technica ATR2100-USB dan Blue Microphones Yeti USB. 

Kualitasnya dianggap superior dengan kontrol yang lebih terpadu terhadap nada suara.

 

  1. Perekam XLR Portable

 

Bila kamu akan menggunakan mikrofon analog untuk proses perekaman audio, maka kamu memerlukan alat untuk menangkap audio analog kamu dan mengkonversinya menjadi digital.

Perekam XLR Portable merekam suara dari beberapa saluran mikrofon dan memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian volume suara dengan cepat.

 

  1. Headphone

 

Kamu memerlukan headphone yang bagus untuk mendengar ulang hasil rekaman suara kamu.

Alat ini esensial untuk proses membuat podcast. Belum lagi alat ini akan berfungsi ketika kamu mengadakan interview dengan narasumber melalui platform yang online.

Tidak perlu mahal-mahal, rekomendasi headphone untuk podcaster adalah Audio-Technica ATH-M30x. Namun, yang paling penting adalah, hindari headphone dengan mikrofon karena kualitas keduanya cenderung buruk.

 

  1. Pop filter

 

Alat ini adalah untuk memperjelas suara kamu dalam rekaman. Memberikan perbedaan pada huruf-huruf yang terdengar sama. Seperti P dan B.

Pop Filter akan memperkuat dan menyelaraskan intonasi dan tekanan suara yang terekam di mikrofon.

 

  1. Boom untuk mikrofon

 

Meskipun tidak sepenuhnya diperlukan ketika pertama kali memulai, boom berguna sebagai tempat meletakkan mikrofon kamu.

Selain untuk menghindari  kram pada lengan, boom juga mempengaruhi kualitas suara rekaman.

 

  1. Komputer

 

Dikarenakan proses rekaman audio tidak membutuhkan daya komputasi yang berat, komputer bukanlah alat yang diprioritaskan untuk membuat podcast.

Tetapi, belakangan ini, produk Apple seperti Macbook Air menjadi rekomendasi komputer untuk podcaster.

Mengapa? Karena software Apple mempermudah proses editing dan audio filtering

 

  1. Digital audio workstation

 

Sebagai podcaster, kamu memerlukan DAW atau digital audio workstation untuk proses editing dan rekaman yang baik.

Adobe Audition, software yang paling murah pun akan memaksamu untuk merogoh kocek sebesar $20 sebulan untuk berlangganan.

Maka bagi pemula disarankan untuk menggunakan layanan DAW seperti Audicity atau software editing gratis lainnya

 

  1. ID3 Editor

 

Sebagian besar software untuk podcasting dan rekaman akan memberikan kamu kesempatan untuk menandai podcast kamu menggunakan tag ID3.

Jika tidak, kamu dapat dengan mudah melakukannya dengan ID3 Editor. 

Software ini berguna untuk menyimpan informasi penting seperti judul, nomor rekaman, dan artis di podcast.

 

Studio Pelangi Podcast

Studio pelangi menyediakan berbagai jenis peralatan yang digunakan untuk membuat podcast, alat dari studio pelangi terjamin kualitasnya karena kami mengutamakan kepuasan dari klien yang menggunakan jasa studio pelangi. 

 

Sejak studio pelangi didirikan pada 2008 kami melayani berbagai klien lokal hingga nasional pernah menggunakan jasa dari studio pelangi. Jangan sampai anda salah pilih lagi pilihlah penyedia jasa sewa alat podcast yang sudah terpercaya akan kualitasnya.