Kebutuhan manusia yang semakin banyak membuat orang-orang selalu membutuhkan sebuah alat pengangkut supaya mempermudah dalam mengangkut barang yang ada. Adanya banyak kebutuhan ini yang membuat manusia membuat alat transportasi selain untuk memudahkan orang dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, juga mampu memindahkan barang ke berbagai tempat. Transportasi bisa berupa darat, air maupun udara. Kebanyakan orang menggunakan transportasi melalui darat karena mudah serta banyak jalur yang sudah disediakan serta mampu untuk melakukan perjalanan singkat. Alat transportasi darat seperti mobil biasanya yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang karena mampu mengangkut banyak hal dalam sekali angkut. Pick up merupakan salah satu jenis transportasi darat yang selalu jadi pilihan banyak orang dalam mengangkut barang kebutuhan mereka. Ada banyak hal yang bisa diangkut dengan menggunakan mobil tersebut.

LATAR BELAKANG

Semakin banyak orang yang hidup di bumi, maka semakin banyak juga kebutuhannya. Orang menyebar ke berbagai penjuru daerah. Kebutuhan tetap harus didistribusikan agar bisa terus bertahan hidup. Alat transportasi hadir untuk membantu kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari mereka. Adanya alat transportasi ini tidak hanya memudahkan manusia dalam bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, namun juga mampu menyalurkan barang-barang kebutuhan mereka sehari-hari. 

Kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur serta bahan makanan lainnya biasanya hanya terdapat di pedesaan yang jaraknya cukup jauh dari perkotaan. Maka dari itu, pick up digunakan untuk mendistribusikan bahan-bahan tersebut ke kota, dengan begitu akan saling menguntungkan keduanya. Pick up merupakan sebuah mobil bak terbuka yang biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang atau kargo. Pick up biasanya dipilih oleh banyak orang untuk mengangkut barang-barang dengan jumlah besar dari satu tempat ke tempat lain. Dengan adanya pick up ini, pendistribusian sebuah barang jadi semakin mudah karena barang yang dibawa dalam jumlah besar bisa dilakukan dalam sekali angkut tanpa harus bolak-balik lagi. 

DEFINISI DAN PENGERTIAN JASA SEWA MOBIL PICK UP 

Mobil pick up/truk pick up merupakan salah satu jenis mobil dengan kabin depan yang tertutup dan pada bagian belakangnya terdapat bak terbuka yang berfungsi sebagai tempat untuk mengangkut bahan/kargo dalam jumlah besar. Penggunaan truk ini biasanya digunakan oleh orang-orang dalam melakukan pekerjaan mereka terutama barang yang selalu jadi kebutuhan sehari-hari manusia. 

Sedangkan jasa sewa mobil pick up merupakan perusahaan yang menyediakan jasa sewa mobil pick up bagi Anda. Karena banyaknya kebutuhan yang diperlukan, terkadang penyewaan menjadi sebuah opsi yang tepat untuk dilakukan. Karena selain mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih, melakukan sewa mobil pick up ini akan memudahkan kita serta lebih menghemat pengeluaran yang ada. Jika membeli mobil pick up sendiri tentu kita akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk melakukan perawatan pada mobil pick up itu sendiri. Belum lagi jika penggunaan mobil pick up hanya pada waktu-waktu tertentu saja, dikhawatirkan mobil akan cepat rusak karena jarangnya penggunaan. 

PERKEMBANGAN PENGGUNAAN MOBIL PICK UP

Mobil pick up sudah dikenal banyak orang dalam membantu pekerjaan mereka sehari-hari. Dari mulai mengangkut barang pribadi hingga mengangkut barang dagangan. Mobil pick up pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1976. Merk mobil pick up pertama yang hadir di Indonesia adalah merk Suzuki yaitu Suzuki Carry dengan nomor body ST10. Lalu satu tahun setelahnya Suzuki Carry ST20 muncul serta diproduksi di Indonesia, masyarakat Indonesia lebih akrab menyebutnya dengan “Suzuki Truntung”. 

See also  16 Lokasi dan Tempat Foto Prewedding di Semarang

Lalu pada tahun-tahun setelahnya mulai banyak mobil-mobil pick up yang ada dan hadir di Indonesia dengan berbagai macam jenis lain. Penggunaan mobil pick up juga ikut berkembang dari waktu ke waktu. Dari yang awalnya hanya digunakan untuk mengangkut barang-barang dari satu tempat ke tempat lainnya, kini berkembang jadi banyak fungsi seperti yang sering kita lihat sekarang. Selain fungsi dan juga jenisnya, mesin yang digunakan juga otomatis mengalami banyak perkembangan agar semakin membuat nyaman para penggunanya.

PEDOMAN DALAM MEMILIH VENDOR JASA SEWA MOBIL PICK UP

  • Melihat portofolio perusahaan dan testimoni klien

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat testimoni dari klien calon vendor yang akan dipilih. Testimoni dari pelanggan merupakan penilaian yang paling jujur, jadi jika Anda menemukan jasa sewa mobil pick up dengan testimoni yang baik, jangan ragu dalam memilih vendor tersebut. 

  • Izin perusahaan

Penting juga untuk mengetahui perusahaan tersebut sudah memiliki izin atau belum. Perusahaan yang belum memiliki izin belum ada jaminan pasti jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. 

  • SDM atau driver

Sangat penting untuk melihat siapa saja SDM yang bekerja pada perusahaan tersebut. Kualitas SDM yang baik tentu saja akan bekerja dengan baik dalam perusahaan tersebut dan akan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. 

  • Cek kondisi mobil

Selain kru/driver yang diperhatikan kondisinya, kita sebisa mungkin juga mengetahui bagaimana kondisi dari mobil tersebut. Karena kondisi mobil juga nantinya akan berpengaruh dengan keselamatan dari proses pengiriman barang tersebut. 

  • Berpengalaman dalam pekerjaan

Memiliki pengalaman adalah yang biasanya paling dicari dalam sebuah jasa apapun itu. Karena jika sudah berpengalaman, tentunya akan bisa mengatasi kendala yang terjadi. 

  • Pertimbangkan harga

Pertimbangan harga merupakan hal yang tidak bisa dilupakan begitu saja, karena jika harga yang dipatok cukup mahal, maka kita harus tahu apa saja kelebihan yang bisa didapatkan jika dibandingkan dengan jasa sewa lainnya. 

  • Berdiskusi dengan vendor penyedia jasa live streaming

Tahap terakhir sebelum memutuskan untuk memilih jasa sewa mobil, kita harus memastikan kembali dengan vendor secara keseluruhan. Dan membahas beberapa detail lainnya bersama-sama agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya.

BERBAGAI TIPE MOBIL PICK UP

Mobil pick up memiliki dua tipe yang memiliki kelebihan masing-masing dan digunakan disesuaikan dengan penggunaannya. Tipe tersebut adalah,

  • Kabin tunggal

Kabin tunggal merupakan jenis mobil pick up yang memiliki satu kabin yang berada di depan. Dan pada bagian kabin ini hanya bisa diisi oleh dua orang saja, yaitu pada bagian kemudi serta penumpangnya saja. Mesinnya biasanya memiliki kapasitas kecil yaitu kisaran (1.3-2.0 cc). Jenis mobil pick up ini biasanya ada yang berbahan dasar solar serta bensin. Jenis mobil ini yang biasanya sering kita temui sehari-hari untuk mengangkut barang-barang seperti sayur mayur, kursi, meja, serta beberapa barang lainnya.

  • Kabin ganda
See also  Sewa Lighting Kota Temanggung

Jenis mobil pick up ini bentuknya sama persis dengan mobil pick up kabin tunggal. Hanya saja, perbedaannya ada pada jumlah kabinnya yang berjumlah dua. Ada pada bagian depan serta belakang mobil, jadi bisa mengangkut penumpang dengan total 4 orang. Kekurangan dari mobil ini adalah pada bagian bak yang ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil pick up jenis kabin tunggal karena telah digunakan untuk kabin penumpang. Jenis mobil ini punya kapasitas mesin yang lebih besar (2.5 cc ke atas) dan berbahan dasar solar. Jenis mobil ini biasanya digunakan oleh kepolisian, pemadam kebakaran, dan keperluan lainnya karena mampu melibas medan yang berat atau offroad.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN MOBIL PICK UP

Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan saat menggunakan mobil pick up ini. Jika dilihat pun dari bentuk mobilnya, kita sudah bisa merasakan ada banyak keuntungan serta manfaat yang bisa dirasakan dari menggunakan mobil pick up. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan mobil pick up

  • Mampu memuat lebih banyak barang. Karena mobil pick up memang didesain sebagai alat transportasi pengangkut andalan manusia, mobil pick up ini mampu memuat banyak barang dalam sekali angkut. Ukuran bak nya yang cukup lebar juga mampu membawa beberapa barang seperti sofa, almari, serta beberapa barang besar lainnya.
  • Daya angkut yang lebih besar. Mobil pick up ini punya banyak jenis dan punya kekuatan untuk mengangkut banyak barang. Bahkan untuk beberapa jenis pick up, ada yang mampu mengangkut hingga seberat 1 ton. Tentu saja hal ini dapat menghemat banyak waktu. 
  • Bahan bakar awet. Pada beberapa jenis mobil pick up, bahan bakar yang dihasilkan bisa lebih awet daripada jenis mobil lainnya. Hal ini juga akan menguntungkan para pemilik pick up, karena bisa menghemat biaya yang dikeluarkan.
  • Bisa digunakan untuk menjalankan sebuah usaha. Banyaknya usaha menguntungkan  yang ada di zaman sekarang membuat kita semua tergoda untuk mencobanya. Terkadang menyewa beberapa meter persegi kios harga yang dipatok sudah cukup tinggi. Maka dari itu harus ada beberapa inovasi yang harus dilakukan seperti memanfaatkan lebarnya bak dari mobil pick up dan membuatnya seperti lapak jualan.

PEMANFAATAN MOBIL PICK UP

Adanya jenis mobil yang mampu mengangkut banyak barang dalam sekali angkut tentu saja sangat menguntungkan orang dalam menghemat baik waktu maupun biaya mereka. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan mobil pick up diantaranya adalah,

  • Jasa Angkut. Orang yang punya beberapa barang akan merasa kesusahan untuk memindahkan barangnya, terutama bagi mereka yang akan pindah rumah. Memindahkan barangnya dengan menggunakan mobil pick up akan lebih mudah. 
  • Berjualan. Banyak orang yang berjualan sebagai sumber pendapatan mereka. Namun jika untuk menyewa beberapa meter persegi kios dengan harga yang agak mahal mungkin kurang menguntungkan bagi mereka. Di zaman sekarang orang menggunakan pick up sebagai media lain untuk berjualan. Karena ukuran bak nya yang cukup besar, berjualan bisa dengan mudah dengan menggunakan mobil pick up. Adanya pick up ini juga mempermudah kita dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mempromosikan dengan luas dagangan kita dengan mudah. 
  • Jasa pengiriman barang. Untuk mempermudah kita dalam membeli barang dengan ukuran besar, biasanya sebuah perusahaan menawarkan jasa pengiriman barang ke rumah para pembeli mereka. Dengan adanya hal ini para pembeli tidak perlu repot membawa pulang barang pembelian mereka karena sudah tersedia jasa angkut untuk mengirim barang.