Genset merupakan sebuah hal yang tidak asing lagi bagi kita semua. Penggunaan genset banyak digunakan diberbagai tempat-tempat umum ataupun di dalam sebuah acara. Genset mampu mengalirkan cadangan listrik untuk memudahkan berbagai pekerjaan manusia. Jadi tidak heran jika banyak orang yang menggunakan genset sebagai salah satu pengganti listrik dikala listrik padam. Penggunaan genset juga tidak hanya ada pada sebuah perusahaan ataupun pada desa-desa yang masih belum mendapatkan aliran listrik dengan baik, tapi juga bisa digunakan pada acara-acara untuk menghindari listrik anjlok karena penggunaan yang besar dalam satu waktu 

Pada genset juga memiliki berbagai komponen yang saling terhubung agar bisa menghasilkan energi listrik. Setidaknya kita harus mengetahui beberapa komponen yang ada pada genset agar memudahkan kita dalam menggunakannya nanti.

Komponen yang Ada pada Genset

Berikut ini adalah beberapa komponen dari genset:

Komponen pada genset

  • Mesin

Mesin adalah sumber energi mekanik yang ada pada genset yang bisa menghasilkan arus listrik. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih genset, yaitu dimulai dari bahan bakar yang digunakan, daya yang dibutuhkan, harga, serta daya tahan dari mesin itu sendiri. Genset beroperasi dengan jenis bahan bakar yang bervariasi

  • Alternator

Komponen ini bertugas mengonversi energi yang dihasilkan oleh mesin tadi ke energi listrik. Alternator sendiri terdiri dari stator dan rotor. Stator terdiri dari satu set konduktor listrik yang dililitkan ke inti besi. Komponen ini statis dan tidak bergerak. Sedangkan komponen yang bergerak ialah rotor. Rotor bergerak dengan mengelilingi stator. Akibatnya, menghasilkan gaya elektromagnetik di sekitar stator.

  • Tangki bahan bakar

Alat ini berfungsi untuk menampung bahan bakar dari genset. Jadi semakin besar tangkinya, maka semakin lama juga jam kerjanya. 

  • Voltage Regulator
See also  Tips Menggunakan Genset dengan Benar

Berfungsi mengatur tegangan keluaran generator agar tetap stabil, sementara governor mengatur kecepatan mesin dan oleh karena itu frekuensi keluaran.

  • Cooling dan Exhaust System

Mesin memerlukan pendinginan untuk mencegah overheat. Sistem pendinginan termasuk radiator, kipas, dan cairan pendingin.

  • Control Panel

Panel kontrol atau control panel adalah pusat pengendalian dan pemantauan genset. Ini mencakup tombol start/stop, pengaturan tegangan dan frekuensi output, dan indikator suhu dan tekanan.

  • Kerangka utama

Ini adalah struktur yang mendukung dan melindungi semua komponen genset. Rangka atau skid dapat membantu mengurangi getaran dan menstabilkan genset.hal ini juga dapat memberikan keamanan ketika genset dioperasikan.

  • Baterai

Genset memiliki baterai yang digunakan untuk menghidupkan mesin dan sistem kontrol. Sistem pengisian baterai memastikan baterai tetap terisi saat mesin berjalan.

  • Valve Lever

Berfungsi untuk mengatur pasokan bahan bakar kedalam mesin genset. Bahan bakar akan memastikan bahan bakar terdistribusi dengan baik. Komponen ini terletak diantara tangki bahan bakar dan karburator. Penting untuk mengecek komponen tersebut. 

  • Motor

Motor yang ada pada genset akan berputar untuk menghasilkan energi mekanik yang akan dikonversi menjadi listrik oleh generator. Genset memiliki beberapa jenis motor tergantung bahan bakar yang akan digunakan. 

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder