Seiring berjalannya hari, perkembangan dunia digital menjadi kian pesat, terutama di bidang media. Baik berupa foto maupun video. Meski demikian, hanya sedikit orang yang mengetahui tentang video editing. Bahkan, beberapa di antara mereka belum pernah mendengar sama sekali soal ini. 

Definisi video

pengertian video : Video merupakan salah satu bentuk teknologi yang berfungsi untuk menangkap, merekam, memroses, mentransmisikan, dan menata ulang gambar yang bergerak. Biasanya, teknologi ini memerlukan dukungan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital lainnya. 

Video juga bisa diartikan sebagai gabungan antara gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar yang digabung sedemikian rupa tersebut dikenal dengan nama frame. Sementara kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate. 

Jenis-jenis video yang dikenal secara umum

Secara garis besar, pengertian video dibedakan dalam dua jenis jika dilihat dari sisi layer computer. Di antaranya sebagai berikut:

  • Video analog

Jenis video satu ini adalah produk dari industri pertelevisian sehingga menjadikannya suatu standar dunia televisi. 

  • Video digital

Video ini merupakan produk dari industri komputer yang menjadikannya standar data digital. 

Manfaat video dalam dunia bisnis dan pemasaran

Tak hanya sebagai media di bidang hiburan saja, video juga kerap dijadikan sarana pendukung bisnis, terutama dalam hal pemasaran. 

Berdasarkan data di lapangan, terungkap bahwa 81 persen bisnis menggunakan video sebagai media marketing berbasis online. Seiring cepatnya koneksi internet dari hari ke hari, video berhasil menciptakan cara marketing yang efektif dan menyimpan banyak manfaat. 

Jika dilihat dari sisi bisnis, video marketing diakui oleh 97 persen marketer sebagai pendukung untuk membantu konsumen memahami produk dan jasa bisnis yang ditawarkan. Ada juga yang berpendapatan, bahwa kehadiran video marketing ini membantu marketer meningkatkan traffic penjualannya. 

Nah, jika dilihat dari sisi konsumen, sebagian besar dari mereka menggunakan video untuk sekadar mengetahui informasi suatu produk atau jasa pada bisnis. Sementara sisanya berpendapat, bahwa video marketing mampu meningkatkan kepercayaan mereka untuk membeli produk. 

Pernyataan di atas berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Wyzowl, suatu perusahaan penyedia jasa animasi video. Tak tanggung-tanggung, mereka berupaya melakukan survei terhadap 570 responden yang terdiri dari marketer profesional dan konsumen online

Setelah melihat data dan hasil perolehan survei tersebut, akhirnya terkuat manfaat besar dari adanya video marketing dalam suatu strategi bisnis ( pengertian bisnis memanfaatkan video) . Beberapa di antaranya sebagai berikut.

  1. Video marketing meningkatkan kepercayaan konsumen

Tak sedikit orang berpendapat, bahwa sebuah gambar mampu menjelaskan jutaan makna yang tersirat. Lantas, bagaimana dengan video yang jauh lebih atraktif dan terlihat hidup? 

Perlu Anda ketahui, ketika suatu produk atau jasa muncul dalam bentuk video dan membayangi benak konsumen, maka akan tercipta sensasi emosional yang berbeda ketimbang suatu gambar ataupun ribuan kata. Apalagi, masih banyak konsumen yang merasa skeptis tentang membeli produk dan layanan di internet karena takut jadi korban penipuan. 

Namun, video marketing yang efektif mampu menyajikan produk bisnis dalam bentuk percakapan. Hal inilah yang menciptakan pendekatan individual yang mengatakan, bahwa video telah meningkatkan rasa percaya mereka untuk membeli secara online. 

  • Google lebih menyukai video daripada gambar

Tak bisa dipungkiri, kehadiran YouTube membuat peningkatan cukup signifikan terhadap banyaknya video yang muncul pada peringkat mesin pencari. Dengan demikian, video marketing Anda pun memiliki potensi semakin besar untuk muncul di kolom Google Search. 

Apalagi, video semacam ini bisa Anda sematkan ke dalam website company profile perusahaan. Hal ini memungkinkan pemangkasan waktu yang dihabiskan oleh calon konsumen untuk memahami produk atau jasa ketika berkunjung ke website tersebut. 

  • Video terlihat lebih menarik di smartphone

Berdasarkan survei, sekitar 80 persen pengguna internet mengakses layanan online menggunakan smartphone pribadinya. Ada banyak video dari YouTube atau media lain yang memang nyatanya tampil lebih menarik di smartphone. 

Ketika website Anda menampilkan video dari YouTube, maka video tersebut akan tampil sesuai ukuran smartphone konsumen. Dengan begitu, video marketing yang Anda siapkan semakin mudah diakses di mana saja dan oleh siapa saja. 

  • Video mampu menjelaskan segalanya

Melalui bantuan video semacam ini, Anda tak perlu repot lagi menjelaskan konsep produk yang kompleks sekalipun. Video mampu menjelaskan tiap tahapan produk sesuai spesifikasinya masing-masing. Anda hanya perlu memilih untuk menggunakan animasi atau tampilan nyata sebagai pengganti teks untuk menyampaikan informasi tersebut. 

  • Video sangat cocok untuk konsumen yang tidak mau repot membaca

Tak sedikit konsumen yang merasa malas ketika harus menghabiskan waktunya untuk sekadar membaca penjelasan suatu produk. Nah, kehadiran video mampu mengatasi permasalahan satu ini. Tanpa repot membaca deretan kalimat, karakter konsumen yang seperti ini sudah pasti akan lebih mudah memahami maksud dari iklan Anda melalui tayangan video. 

  • Video memiliki durasi paling ideal

Berdasarkan survei lainnya, sebanyak 50 persen konsumen sepakat bahwa satu menit merupakan durasi ideal untuk menjelaskan suatu produk atau layanan secara keseluruhan. Sementara itu, 33 persen di antaranya sepakat memilih durasi waktu 1-2 menit, sedangkan sisanya lebih suka video marketing di bawah 1 menit. 

  • Lebih mudah dibagikan di berbagai kanal

Salah satu keunggulan video marketing dibandingkan dengan media lainnya adalah lebih mudah untuk dibagikan di berbagai kanal, selain disematkan pada website perusahaan. Anda bisa membagikan video tersebut melalui Instagram, Facebook, Twitter, ataupun aplikasi pesan seperti Line dan juga Whatsapp. 

Definisi animation video

Animation video bisa diartikan sebagai gambar bergerak yang berasal dari sekumpulan obyek yang disusun secara khusus. Gambar ini bergerak sesuai alur yang telah ditentukan pada tiap-tiap hitungan waktu. Obyek yang dimaksud adalah gambar manusia, hewan, tumbuhan, teks, dan lain sebagainya. 

Ada pula beberapa orang yang berpendapat, bahwa animasi adalah hasil pengolahan gambar tangan menjadi gambar bergerak yang terkomputerisasi. 

Beberapa tahun silam, proses pembuatan suatu konten animasi memerlukan gambar tangan yang dibuat hingga puluhan lembar kertas. Namun, seiring kemajuan teknologi yang berkembang saat ini, animasi tak lagi dibuat di atas kertas tapi langsung dengan bantuan komputer. 

Sebenarnya, istilah animasi bukan lagi hal asing bagi masyarakat umum. Sebab, konten animasi sudah sering ditemukan pada beberapa jenis film, seperti kartun dan anime. 

Para pembuat konten animasi ini dikenal dengan sebutan animator. Sementara itu, beberapa perusahaan yang sukses di bidang pembuatan film animasi di antaranya Pixar, Dreamworks, dan Walt Disney. 

Berbagai manfaat konten animation video dalam strategi marketing 

Kini, telah banyak pebisnis yang menggunakan strategi marketing berupa animasi video untuk mengenalkan produk atau layanan mereka kepada masyarakat. Biasanya, konten animasi ini tidak hanya disebarkan melalui iklan televisi saja, tapi juga berbagai platform media sosial. 

Bicara soal strategi pemasaran bisnis, saat ini memang lebih banyak orang yang memilih menggunakan konten animasi berbentuk video berdurasi pendek. Hal ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat, terutama melalui jejaring media sosial yang tengah digemari. 

Nah, berikut ini beberapa manfaat konten animasi video sebagai salah satu upaya strategi marketing dalam dunia bisnis. 

  • Menarik minat konsumen

Ketahuilah, sasaran utama marketing adalah menarik minat konsumen untuk membeli suatu produk atau layanan yang ditawarkan. Berdasarkan hasil survei, ada lebih dari 80 persen konsumen yang membeli suatu produk karena pernah melihat iklan produk tersebut melalui tayangan video berdurasi pendek. 

Percayalah, apabila Anda mengaplikasikan konten animasi dalam video promosi, bisa jadi hal ini akan menambah minat masyarakat untuk menyaksikannya. 

  • Menjelaskan produk secara obyektif

Tahukah Anda, berpromosi dengan cara menampilkan konten animasi video dinilai jauh lebih obyektif dalam memperkenalkan suatu produk ataupun layanan bisnis. Pasalnya, konten semacam ini selalu dibuat dengan alur yang jelas sehingga lebih mudah dipahami oleh calon konsumen. 

  • Meningkatkan traffic website

Setiap perusahaan profesional selalu memiliki suatu website resmi yang dijadikan sumber informasi secara online. Apabila Anda menampilkan sejumlah konten berbentuk video animasi kreatif dalam website, maka upaya itu bisa membantu meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan pada website tersebut.  

Pasalnya, semakin bagus konten website yang disajikan, maka pengunjung pun akan semakin banyak. Tentunya, promosi produk bisnis yang ditawarkan pun jadi jauh lebih efektif. 

  • Meningkatkan conservation rate

Biasanya, sejumlah perusahaan akan merasa kesulitan untuk menyampaikan cara kerja suatu produk dengan inovasi baru. Namun, hal seperti ini tak lagi jadi masalah karena dengan menggunakan animasi video Anda bisa tetap menjelaskan detail produk kepada konsumen. Anda hanya perlu membuat konten video yang mirip dengan tutorial. 

  • Mudah dibagikan melalui platform apa saja

Apabila dibandingkan dengan unggahan seperti gambar atau foto, video yang komunikatif dan menarik pasti lebih banyak dibagikan melalui media sosial. Apalagi, strategi marketing atau promosi melalui media sosial seperti ini memang dianggap paling efektif dan efisien. Hal ini mengingat pada penggunanya yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. 

Definisi editing video

Editing merupakan suatu proses kerja yang dilakukan oleh seorang editor. Pekerjaan tersebut meliputi memotong, menggabungkan, meramu berbagai gambar sehingga menjadi sebuah cerita utuh yang bisa dimengerti dengan baik. 

Saat ini sudah banyak software editing video yang cukup dikenal di kalangan editor di seluruh dunia. Mulai dari yang khusus pemula hingga yang digunakan oleh kalangan profesional. Misalnya saja, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, Pinnacle, dan lain sebagainya. 

Baca Juga :  Jasa edit video studio pelangi

Jenis editing video

Bila diartikan lebih dalam, proses editing adalah proses tahap akhir suatu proses produksi sebuah film. Editing semacam ini dibagi menjadi dua kategori yang berbeda, yaitu editing offline dan editing online. Berikut ini pemaparan selengkapnya.

  • Editing offline 

Pada tahapan ini, editor akan memotong gambar dalam bentuk kasar, menambah latar belakang suara atau jika diperlukan menambahkan VO (voice over). 

  • Editing online

Sementara editing online adalah tahapan lanjutan dari tahap pertama. Pada proses ini, potongan gambar yang masih kasar akan disempurnakan dengan cara memberikan efek pada gambar tersebut sesuai kebutuhan. Selanjutnya adalah menyempurnakan audio yang masih kasar. 

Jadi, bisa dikatakan pada tahap ini masalah finishing benar-benar diperhatikan. Baik dan tidaknya suatu hasil sangat tergantung pada tahapan satu ini. 

Selain itu, tahapan editing memerlukan beberapa perhatian lain. Salah satunya soal kontinuitas gambar atau kesinambungan gambar dari satu ke yang lainnya. Aspek ini wajib diperhatikan oleh para editor. Sebab, kontinuitas gambar sangat diperlukan dalam suatu film. Kontinuitas gambar ini akan membantu penonton untuk lebih memahami isi cerita pada film tersebut. 

Definisi live video

Live video atau yang sering juga disebut dengan live streaming sudah semakin populer di kalangan masyarakat. Hampir semua platform media sosial telah mengenal hal tersebut dan perlahan mulai mendukung fitur live streaming

Salah satunya yang paling dikenal adalah Twitter dengan aplikasi streaming mandiri bernama Periscope. Sementara Instagram dan Facebook memperkenalkan fitur live di akhir tahun 2015-2016. Melalui fitur live streaming seperti ini, Anda bisa berhubungan dengan audiens secara langsung tanpa jarak apapun. 

Live video atau live streaming merupakan suatu konten video yang disiarkan secara langsung melalui bantuan internet. Video satu ini tergolong praktis dan efisien karena Anda tidak perlu melakukan proses editing dan post-production. Anda hanya perlu mengaktifkan kamera, lalu mulai merekam kapanpun dan di manapun Anda inginkan. 

Selain itu, live video bersifat interaktif sehingga audiens juga bisa langsung meninggalkan komentar dan reaksinya selama video tersebut berlangsung. Para followers Anda juga bisa mendapatkan notifikasi setiap Anda mulai melakukan live streaming semacam ini. 

Biasanya, video seperti ini juga akan otomatis tersimpan sehingga bisa ditonton ulang meskipun Anda telah selesai melakukan live. 

Pentingnya live video dalam berbisnis

Perlu Anda ketahui, live video merupakan bentuk content marketing yang perlu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya, memberi informasi kepada audiens berupa webinar ataupun sesi Q&A. 

Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak lagi audiens sekaligus engagement yang baik dengan para followers di media sosial. Nah, berikut ini beberapa alasan lain mengapa Anda harus melakukan live streaming. 

  • Menyajikan konten yang fresh

Melalui live video seperti ini, Anda bisa memberikan sajian konten yang fresh dan juga spontan. Sebab, konten semacam ini tak bisa diedit sehingga raw video atau video mentah ini juga memberikan kesan baru bagi audiens Anda. 

Selain itu, live streaming juga bisa Anda jadikan media untuk berbagi kabar menarik. Misalnya diskon, promosi, hingga produk terbaru secara spontan. Jika Anda seorang content creator yang perlu melakukan review, maka kehadiran live video ini juga bisa membantu untuk memberi konten secara real-time

Sementara bagi brand, live video bisa digunakan untuk sekadar berbagi konten yang bersifat behind-the-scene atau di balik layar. Dengan begitu, Anda pun bisa jadi lebih dekat dengan audiens dan juga konsumen yang secara otomatis meningkatkan kepercayaan mereka. 

  • Membangun engagement dan brand personality

Tak seperti jenis video lain yang sengaja direkam dan diedit, live video justru menunjukkan sisi-sisi yang kurang sempurna. Meski sebagian besar orang pasti ingin segala sesuatunya terlihat sempurna, tapi ketidaksempurnaan ini malah jadi keunggulan live streaming. 

Ketidaksempurnaan ini yang menunjukkan bahwa brand tersebut nyata adanya. Audiens sudah pasti senang melihat orang-orang nyata di balik suatu brand dan bisnis. Adanya beberapa kesalahan yang muncul justru menunjukkan sisi manusiawi dari brand tersebut. 

Live streaming juga bisa meningkatkan engagement. Anda sangat mungkin untuk melakukan sesi tanya jawab melalui fitur ini. Dengan begitu, audiens tak perlu menunggu lagi jawabannya. Sebab, Anda bisa langsung menjawab dan berinteraksi langsung melalui video. 

Tentu, keterlibatan mereka meningkatkan retensi pula dan membuat audiens ini semakin mendukung brand Anda. Percayalah, salah satu kunci kesuksesan live streaming adalah jangan pernah mengikuti naskah atau script apapun. Hal seperti ini patut dilakukan guna menunjukkan sisi manusia dan personality brand yang sedang Anda bangun. 

Demikian ulasan singkat mengenai pengertian video, animation, editing & live video. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan