Video company profile atau profil perusahaan yang dikemas dalam bentuk video merupakan media yang berfungsi untuk memberikan informasi dan gambaran secara lengkap mengenai detail suatu perusahaan. Umumnya, company profile ini berperan sebagai marketing tools yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan. Bisa dibilang, company profile wajib dimiliki oleh setiap perusahaan demi kelangsungan bisnisnya. 

Di era serba digital seperti saat ini, setiap pelaku bisnis perlu memiliki kreativitas tinggi dalam memasarkan produk ataupun brand bisnisnya. Dengan demikian, perusahaan bisa lebih efektif ketika ingin menyampaikan pesan dari sebuah produk yang ditawarkan sehingga bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis. 

Kini, banyak sekali penyedia jasa video company profile yang hadir sebagai solusi kreatif akan permasalahan pemasaran yang kurang efektif dalam mempertahankan pelanggan ataupun menarik perhatian konsumen baru. 

Dengan adanya media satu ini, promosi, presentasi, hingga peluncuran produk baru jelas semakin menarik masyarakat secara luas. Apalagi, video company profile yang mencuri perhatian sangat berpeluang menghasilkan respon besar dan positif pula dari calon konsumen. 

Poin penting dalam video company profile supaya tidak kehilangan fungsi utamanya

Seperti yang telah disebutkan di atas, pembuatan video company profile mulai marak dilakukan beberapa tahun belakangan. Sebab, sudah banyak orang yang mulai menyadari akan pentingnya penggunaan media satu ini. Namun ketahuilah, video profil perusahaan tidak bisa dibuat sembarangan. Ada beberapa poin penting yang patut untuk diperhatikan supaya video semacam ini tidak kehilangan fungsi utamanya. 

Dengan kata lain, video profil yang dibuat asal-asalan jelas tidak akan mampu menyampaikan maksud dan tujuan perusahaan secara tepat. Nah, berikut ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin membuat video company profile terbaik dan berkualitas. 

  • Dibuat dengan konsep dasar yang jelas

Setiap pengerjaan video apapun, Anda jelas membutuhkan konsep dasar yang benar-benar jelas sekaligus matang. Konsep dasar juga dikenal sebagai alasan di balik pembuatan video tersebut. Mulai dari alasan untuk mengenalkan perusahaan, untuk menarik minat pelanggan, atau supaya sasaran marketing tercapai. 

Tentu saja, alasan tersebut harus Anda ketahui dengan jelas terlebih dulu sebelum memutuskan membuat video company profile berkelas. Dengan kata lain, konsep dasar dari video ini wajib tersusun dan terencana dengan baik dan rapi. 

  • Penyajian isi video company profile secara keseluruhan

Selanjutnya perihal penyajian dan penyampaian isi video tersebut. Anda harus bisa memutuskan, apakah isi video tersebut akan disampaikan secara gamblang atau lebih kompleks. Ada banyak jenis video company profile yang memuat isi atau gambar secara berbeda. Biasanya, hal semacam ini sengaja dilakukan oleh perusahaan supaya membuat penonton lebih penasaran dan akhirnya tertarik dengan produk yang ditawarkan.

  • Memberi tampilan yang menarik secara visual

Bukan sekadar bergantung pada konsep dasar dan isi dari video saja, suatu company profile harus dibuat dan dikemas dengan tampilan yang menarik secara visual. Pasalnya, video ini bakal dijadikan alat untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat, konsumen, dan mitra bisnisnya. Apalagi, setiap perusahaan pasti mengharapkan semua penonton video tersebut bisa mengerti dan paham dengan pesan yang hendak disampaikan melalui video tersebut. 

  • Durasi video harus tepat dan proporsional

Membuat tampilan video yang menarik dan memiliki ciri khas tertentu pasti jadi impian setiap pemilik perusahaan. Namun ingat, durasi video juga memengaruhi respon dari penonton. Jangan sampai hanya karena ingin membuat video yang berbeda, Anda melupakan soal durasi. 

Ketahuilah, tak banyak penonton yang betah menunggu sebuah tayangan dari video company profile berdurasi terlalu lama. Idealnya, video semacam ini hanya berdurasi sekitar 3-5 menit saja. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk membuat video dengan durasi yang tepat supaya penyampaian pesan perusahaan jadi lebih efektif. 

Sebaiknya, kemas video dengan isi yang singkat, padat, tetapi sangat informatif sehingga tak butuh waktu lama bagi penonton untuk memahami pesan yang tersirat di dalamnya. 

  • Visual dan audio harus seimbang

Pada dasarnya, video yang sama sekali tidak menggunakan audio bukan berarti buruk. Ada banyak juga jenis video company profile yang tidak menyematkan audio alias hening begitu saja. Namun menariknya, video semacam ini tetap bisa dimengerti dan menarik bagi sebagian penonton. 

Akan tetapi, bukan berarti Anda bisa menyepelekan soal aspek audio dalam pembuatan video company profile. Sebab, hampir sebagian besar orang yang menonton video mengharapkan adanya audio sehingga lebih menyenangkan. Apalagi, jika penyampaian pesan pada video bisa digambarkan dengan jelas melalui audio di dalamnya. 

Intinya, hal yang paling baik dan penting dalam membuat video company profile adalah keseimbangan antara aspek visual dan audio yang disematkan. 

Jenis software paling populer untuk membuat video company profile

Berdasarkan definisinya, desain grafis merupakan proses untuk membangun tampilan suatu publikasi, presentasi, atau web jasa pembuatan company profile yang unik dengan cara logis. Oleh sebab itulah, ketika desain video company profile siap diolah dan dibuat, maka hasilnya akan tampak menawan. Bahkan, tak sedikit yang mampu meningkatkan nilai dan minat penontonnya. 

Berikut ini ada beberapa aplikasi desain terpopuler yang kerap digunakan untuk membuat video company profile berkualitas unggulan, di antaranya:

  • Adobe Photoshop

Software editor buatan Adobe System yang secara khusus digunakan untuk mengedit foto atau gambar dan efek ini mampu merehabilitasi gambar sekaligus foto secara keseluruhan. Itulah sebabnya, aplikasi ini jadi salah satu yang wajib dimiliki dan dipahami oleh seorang desainer grafis. 

Memang tidak mudah menggunakan Adobe Photoshop, tetapi banyak tutorial yang tersebar di internet untuk dijadikan panduannya. Mulai dari cara untuk pemula hingga tingkat profesional. Adobe Photoshop juga sering digunakan oleh para fotografer digital maupun perusahaan iklan sehingga kerap disebut sebagai market leader untuk aplikasi pengolah foto. 

Selain Adobe Photoshop, ada aplikasi lain yang juga dikatakan sebagai produk terbaik yang pernah dikembangkan oleh Adobe Systems, yaitu Adobe Acrobat. 

  • Corel Draw

Perangkat lunak yang berfungsi sebagai editor grafik vektor ini banyak digunakan oleh para desainer grafis untuk berbagai keperluan, termasuk di antaranya membuat video company profile. Selain itu, Corel Draw juga seringkali dimanfaatkan dalam hal pembuatan iklan di banyak sektor. Sebab, aplikasi satu ini memang terbukti berkualitas dalam membuat file dengan tipe .cdr yang bisa juga diekspor ke dalam format lain, seperti misalnya JPEG. 

Nah, biasanya gambar yang diperoleh dalam bentuk vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah, tetapi hasilnya tak kalah dengan gambar berbasis raster ataupun bitmap. Selain itu, tools yang tersedia pada Corel Draw sangat sederhana dan mudah dikuasai oleh siapa saja, termasuk para pemula. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menggabungkan tulisan dan gambar seperti halnya Adobe Photoshop. 

  • Adobe Illustrator

Bisa dikatakan, Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor paling populer dan terbaik yang dibuat oleh Adobe System. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1986 dan dibuat khusus untuk para pengguna komputer Macintosh. 

Sebagian orang berpendapat, Adobe Illustrator adalah alat paling kuat dengan tingkat pembelajaran yang mudah. Meski dikenal dengan tingkat presisi yang cukup rumit, banyak orang yang sudah menggunakan aplikasi satu ini untuk dijadikan alternatif alat desain kompleks seperti halnya AutoCad. 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Adobe Illustrator adalah salah satu aplikasi yang jadi andalan Adobe. Jadi jangan heran jika ada banyak tools yang disematkan dalam software ini sehingga Anda harus cermat dan teliti saat menggunakannya. 

Adapun keunggulan dari Adobe Illustrator sendiri adalah bentuk dan kepadatannya yang akan terus terawat meski ukuran file tersebut diubah. Selain itu, hasil gambar vektor bisa dibuat dengan kepadatan cukup tinggi sehingga ruang penyimpanan obyek gambar pun terbilang efisien. 

Tak sedikit pembuat video company profile yang berpendapat, bahwa Adobe Illustrator ini mampu mengatasi berbagai jenis desain. Mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Bahkan menariknya, aplikasi ini mampu mengekspor hasil akhir suatu desain ke dalam berbagai macam bentuk atau format sesuai kualitas yang diinginkan.

Demikian tadi sekilas penjelasan mengenai poin terpenting dalam pembuatan video company profile beserta software yang paling populer digunakan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang mungkin saat ini sedang berencana membuat video profil perusahaan yang berkualitas.