Fotografi alam saat ini semakin digemari masyarakat. Apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial Instagram dan Pinterest yang semakin memperkaya referensi terkait fotografi alam.

Kali ini, Studio Pelangi Semarang membahas fotografi alam, tepatnya fotografi landscapeatau lanskap. Fotografi landscape identik dengan fotografi pemandangan lho, Sahabat Studio Pelangi.

Yuk Pelajari 7 Jenis Foto Landscape dengan Mudah

Nah, fotografi landscapeini memiliki jenis-jenis yang perlu Sahabat Studio Pelangi ketahui.Apa saja jenis foto landscapeyang bisa dipelajari? Berikut pembahasan 7 jenis foto landscapeyang dirangkum Studio Pelangi Semarang.

  1. Abstrak

Jenis foto landscape abstrak cenderung berkaitan dengan pola, bentuk, dan pandangan menyeluruh secara dekat. Jenis foto landscape ini dominan menunjukkan garis, sudut, bentuk, bangunan, atau pola-pola abstrak yang ada di pemandangan sekitar.

Tidak heran kalau butuh kepekaan yang tinggi untuk mendapatkan foto landscape abstrak ini. Itu pun juga tergantung kreativitas dan perspektif fotografer, Sahabat Studio Pelangi.

  1. Dokumentasi

Jenis foto landscapedokumentasi menunjukkan fotografi alam secara murni. Foto landscapedokumentasi menekankan apa yang dilihat fotografer sesuai kenyataannya.

Mayoritas foto landscapedokumentasi berunsur pemandangan alam, tanpa kehadiran manusia. Misalnya, gunung, laut, sungai, pemandangan langit, petir, dan sebagainya.

  1. Hamparan Laut

Jenis foto landscapehamparan laut tentu saja jelas menunjukkan pemandangan hamparan laut dan pantai, atau bentangan lautan yang luas. Jenis foto landscape ini kerap disebut seascapes.

Jenis foto landscapeini mengandung unsur aktivitas manusia, bangunan sekitar pesisir, bahkan ekspresi candid subjek foto.

  1. Impresi

Foto landscapeimpresi merupakan jenis fotografi landscape yang subjektif. Jenis fotografi ini bertujuan untuk menciptakan gambar yang memiliki emosi dan kaya kreativitas.

Tidak heran kalau jenis foto landscape impresi ini banyak terdapat manipulasi dan efek filter.

Meski demikian, foto yang diambil memang berasal dari dunia nyata. Namun diedit sedemikian rupa hingga membentuk perspektif dan impresi orang yang melihatnya.

  1. Pedesaan

Jenis foto landscape pedesaan jelas sekali menggambarkan pemandangan alam di desa beserta aktivitas manusianya.

Jikalau hanya pemandangan tanpa aktivitas manusia, jenis foto landscapeini cenderung menggambarkan hamparan sawah, kebun, ladang, kabut di perbukitan, dan lain-lain.

Foto landscapepedesaan tentu saja diambil di daerah yang jauh dari hiruk pikuk kota dan kehidupan urban. Seperti pedesaan, perkebunan, daerah pertanian, dan yang setarafnya.

  1. Representasi

Foto landscaperepresentasi menunjukkan pemandangan yang sebenarnya dan dipotret oleh fotografer. Fotografi representasi dapat dikatakan “fotografi apa adanya” atau “apa yang kamu lihat, itulah yang didapatkan”.

Jenis foto landscaperepresentasi biasanya menggambarkan keindahan alam tanpa edit atau manipulasi tertentu. Fotografi ini kaya akan komposisi, pencahayaan, momen, beserta cuaca yang baik.

Sahabat Studio Pelangi bisa menggunakan jenis foto landscaperepresentasi dengan mudah. Bisa dimulai dari lingkungan terdekat Anda.

  1. Urban

Jenis foto landscape yang terakhir adalah fotografi urban. Fotografi urban umumnya menampilkan pemandangan kota beserta hiruk-pikuk aktivita smanusia.

Fotografi urban memiliki kategori-kategori seperti cityscape, arsitektur, dan candidstreet.

Misalnya untuk cityscape, jenis foto landscapeini menunjukkan kemegahan suatu kota. Sedangkan arsitektur, merepresentasikan bangunan arsitektur beserta aktivitas di sekitarnya. Terakhir, candidstreetyang cenderung menggambarkan kegiatan manusia saat berinteraksi dengan kehidupan di kotanya.

Jenis foto landscapeurban ini cukup mudah ditemui dan dilakukan. Sahabat Studio Pelangi bisa memulainya saat berangkat atau pulang kerja. Dimulai dari memotret suasana macet, lalu-lalang kendaraan, dan sebagainya.

Semua jenis foto landscapetersebut dapat dilakukan hanya bermodal HP Android. Studio Pelangi Semarang sempat membahas tips fotografi HP Android di sini.

Yuk mulai mempraktikkan jenis foto landscapedengan HP Android atau kamera Sahabat Studio Pelangi!

Bicara soal jenis foto landscape,Studio Pelangi Semarang juga memfasilitasi Anda yang ingin dipotret wedding dan dokumentasi event dalam suasana perkotaan.

Studio Pelangi Semarang berpengalaman dalam jasa fotografi wedding, pre-wedding, dokumentasi event dan acara, foto produk, dan fesyen. Nah, bagi Sahabat Studio Pelangi yang tertarik, Studio Pelangi Semarang memberikan harga dan penawaran yang terjangkau.

Kunjungi lebih lengkapnya di studiopelangi.id. Selamat memotret!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan