Ada banyak orang yang mengatakan, bahwa sebuah video company profile bernilai marketing merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan sales perusahaan. Padahal, tidak ada yang benar-benar mampu menjamin hal tersebut berjalan sesuai rencana. 

Faktanya, penggunaan video semacam ini semakin kompetitif dari hari ke hari. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menggunakan jasa video company profile sebagai senjata utama untuk mengenalkan produk bisnis kepada publik, pastikan dulu video tersebut dibuat dengan kualitas tinggi. 

Tips menjadikan video company profile senjata untuk meningkatkan penjualan produk bisnis

Ada beberapa cara untuk membuat video company profile perusahaan Anda mampu meningkatkan penjualan produk bisnis, di antaranya sebagai berikut:

  • Tentukan durasi paling optimal dari engagement video company profile 

Banyak orang beranggapan, bahwa semakin panjang durasi video yang dibuat, maka pesan yang tersampaikan bakal lebih mengena di hati audience. Tahukah Anda, ternyata pendapat tersebut salah total. 

Ketahuilah, daya kemampuan seseorang dalam menangkap pesan sebenarnya sangat singkat. Oleh sebab itu, Anda harus mampu merangkum informasi penting tersebut supaya orang tertarik dan penasaran terhadap produk yang hendak Anda tawarkan. Lantas, berapa waktu yang paling tepat? Jawabannya sekitar 1-2 menit. 

  • Unggah video company profile di platform yang tepat

Salah satu platform terbaik yang bisa Anda jadikan media untuk mengunggah video company profile perusahaan adalah YouTube. Menariknya, platform satu ini memberi segudang kemudahan untuk mengunggah berapapun video yang Anda inginkan. Bukan itu saja, Anda juga bisa menjadikan YouTube sebagai pusat kanal video yang terpasang di dalam website resmi perusahaan. 

  • Jangan lupa untuk mengoptimasi video company profile 

Mengingat di YouTube ada banyak sekali video yang diunggah, maka pastikan jasa video company profile yang bekerjasama dengan Anda menghasilkan video berkualitas tinggi. Dengan begitu, video profil tersebut mampu bersaing dan menjadi trending. Selain itu, jangan lupa untuk mengoptimasi video tersebut. 

Caranya mudah kok, Anda hanya perlu menggunakan kata kunci atau keyword yang sesuai pada bagian judul sekaligus deskripsi video tersebut. Kemudian, beri tag video dan thumbnail yang menarik perhatian calon konsumen, mitra bisnis, hingga investor.

  • Pastikan video company profile perusahaan mudah dibagikan 

Semakin banyak video profil perusahaan Anda dilihat, maka semakin besar pula tingkat kesuksesannya. Lantas, apa saja yang membuat sebuah video jadi lebih mudah dibagikan? 

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan shareability suatu video, khususnya company profile brand tertentu. Salah satunya adalah video yang memuat cerita sekaligus kemampuan menyentuh emosi audience hingga cerita yang memang sedang digandrungi. Namun perlu Anda ingat, ketika ingin membagikan video di berbagai platform maupun jejaring sosial, pastikan Anda telah memenuhi aturan dari setiap platform tersebut. 

  • Mengoptimasi video company profile khusus untuk mobile audience

Secara garis besar, ada sekitar 34% video yang diunggah di dunia maya dilihat melalui perangkat mobile seperti halnya smartphone. Jadi, Anda harus memastikan bahwa video perusahaan yang dimiliki telah teroptimasi untuk mobile audience

Artinya, Anda telah memastikan secara cermat, bahwa penyedia jasa video company profile membuat video responsive untuk ukuran layar yang berbeda tanpa mengurangi kualitas aslinya. Pastikan juga, bahwa video tersebut tetap bisa dimengerti meski diputar tanpa suara. Sebab, ada lebih dari 85% video di YouTube yang memang sengaja diputar tanpa suara. 

  • Rencanakan pembuatan video company profile yang mencerminkan image perusahaan

Tak bisa dipungkiri, bahwa konsumen semakin menginginkan hal yang lebih dari suatu brand. Sementara tren yang sedang digandrungi saat ini adalah video personalisasi perusahaan atau video company profile yang memang benar-benar mampu mencerminkan brand itu sendiri. 

  • Terapkan unsur call-to-action

Bisa dibilang, poin satu ini adalah poin paling krusial dalam upaya peningkatan penjualan bisnis melalui video company profile. Sebab, Anda harus memberitahu audience apa saja yang harus mereka lakukan setelah melihat tayangan tersebut. Biasanya, trik ini dilakukan secara verbal tepat di akhir video atau memberi visualisasi secara langsung apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. 

Pentingnya storyboard dalam sebuah video company profile

Setelah Anda memperhatikan unsur-unsur penting untuk meningkatkan sales melalui video company profile, selanjutnya kita beralih soal storyboard yang juga tak kalah penting. Tak sedikit orang beranggapan, mengapa storyboard tetap dibutuhkan dalam pembuatan video profil perusahaan padahal sudah tersedia skrip naskah untuk video tersebut?

Jawabannya sangat sederhana, karena video merupakan media visual yang mampu menarik perhatian siapa saja. 

Siapa sangka, jika para pemegang jabatan suatu perusahaan menganggap representasi gambaran dari naskah yang ada sebelum dibuat menjadi suatu kesatuan yang utuh adalah poin paling penting. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki interpretasi yang jelas berbeda satu sama lain. 

Misalnya, Anda menuliskan pada naskah jika ada seorang penyanyi pria dengan rambut berwarna merah. Tanpa kehadiran storyboard, setiap orang yang tergabung dalam tim bakal memiliki interpretasi yang berbeda mengenai karakter tersebut. Apa saja kira-kira perbedaan yang bakal muncul? 

Apakah sang penyanyi bertubuh tinggi atau pendek? Bagaimana rambutnya? Rapi atau berantakan? Apakah suaranya merdu ketika menyanyi? Seperti apa gesture karakter tersebut saat memainkan setiap notasi nada lagu?

Pastinya, daftar pertanyaan di atas tidak akan bisa selesai begitu saja. Melalui kehadiran storyboard pada video company profile, Anda akan terbantu dalam menata semua pikiran sekaligus ide yang muncul sehingga pihak jasa video company profile bisa menata video secara efektif. 

Parahnya, tanpa kehadiran storyboard, Anda bisa saja kehilangan waktu dan uang untuk sekadar melakukan proses pengambilan gambar ulang. Selain itu, storyboard juga memudahkan tim jasa video company profile mengubah video yang dimaksud jika memang ternyata kurang sesuai dengan keinginan Anda. 

Secara garis besar, storyboard merupakan kesempatan emas Anda untuk menggambarkan setiap ide yang muncul sebelum dijadikan video company profile yang utuh. Berikut ini ada beberapa tahapan penting dalam membuat storyboard, antara lain:

  • Bagi naskah jadi beberapa bagian

Langkah pertama adalah membagi naskah jadi beberapa adegan. Pada tahapan ini, Anda juga harus merencanakan berapa banyak panel dan seperti apa urutannya dalam storyboard sehingga tidak mengacaukan timeline video. 

  • Menentukan gaya video secara visual

Gaya video tentu tidak akan terlalu penting ketika berada di dalam naskah. Akan tetapi, gaya atau style ini bakal sangat dibutuhkan ketika Anda membuat storyboard video company profile

  • Membuat daftar gambar secara rinci

Setelah membagi adegan jadi beberapa bagian dan menentukan style gambar pada video profil perusahaan tersebut, selanjutnya adalah membuat daftar gambar apa saja yang bakal muncul di dalam video tersebut. Meski terlihat tidak terlalu penting, ketahuilah bahwa tahapan satu ini mampu memastikan apa saja yang ada di dalam naskah sehingga tidak terlewatkan. Bahkan, pada tahapan ini Anda juga bisa menambahkan detail secara lengkap. 

  • Proses penggambaran video company profile 

Pastikan Anda telah memilih tipe storyboard yang paling sesuai dengan video tersebut. Apabila Anda menghendaki video company profile live action, maka biasanya jasa video company profile akan membuat storyboard secara sederhana di atas kertas. Namun jika video dibuat dalam bentuk animasi, maka storyboard akan dibuat secara digital. 

  • Sematkan deskripsi naskah

Ketika bagian visual atau gambar dari storyboard selesai digarap, jasa video company profile bakal menyematkan deskripsi dari naskah sesuai porsinya masing-masing. Baik itu untuk voice over, dialog antar karakter, hingga deskripsi singkat tentang apa yang terjadi di setiap adegan. 

  • Pemeriksaan ulang secara rinci

Babak akhir dari suatu storyboard video company profile adalah pemeriksaan atau review. Pasalnya, tahapan setelah dibuatnya storyboard merupakan proses produksi yang memiliki kemungkinan kecil untuk dilakukan perubahan besar. Oleh sebab itulah, diperlukan saran-saran dari berbagai pihak termasuk Anda sebagai klien dari jasa video company profile profesional. 

Apabila semua setuju dengan hasil storyboard tersebut, maka proses pengambilan gambar bisa segera dilakukan sesuai rencana. 

Nah, itu tadi beberapa cara meningkatkan sales melalui video company profile yang berkualitas sekaligus penjelasan terkait storyboard yang jadi bagian penting dari keberhasilan suatu video perusahaan. Jika Anda tertarik untuk memiliki video profil perusahaan yang berkualitas tinggi, pilih saja penyedia jasa company profile terbaik dan profesional yang bisa Anda temukan di sejumlah media online