Bicara soal harga jasa video company profile,  tentu tergantung pada bagaimana proses video itu dibuat. Ada banyak faktor yang memengaruhi penentuan harga pembuatan video tersebut. Namun sebelum kita membahas masalah harga, ketahui dulu beberapa faktor yang memengaruhinya sebagai bahan pertimbangan Anda. 

Faktor penentu harga jasa video company profile 

  • Konsep video yang hendak dibuat

Tak bisa dipungkiri, urusan konsep sudah pasti sangat menentukan harga pembuatan suatu video company profile. Pasalnya, pihak Production House pasti akan melibatkan unsur yang akan mengaktualisasikan setiap konsep yang dibuat. 

Umumnya, konsep yang ditawarkan oleh Production House bisa berupa pendekatan semacam storytelling atau video company profile dokumenter. Diketahui, kedua pendekatan ini memiliki treatment yang berbeda dalam memengaruhi soal harga. 

Jika pendekatan storytelling bersifat lebih terarah, maka tidak demikian dengan pendekatan dokumenter. Untuk video dokumenter, PH akan mengambil shoot secara langsung dan terkesan natural. 

Biasanya, jenis shoot ini berupa kegiatan perusahaan atau aktivitas pabrik. Melalui pendekatan semacam ini, PH akan menentukan jumlah tim yang bekerja sehingga memengaruhi harga pembuatan video company profile tersebut.  Belum lagi, kedua pendekatan ini bisa saja melibatkan talent extra atau orang-orang di sekitar tempat pembuatan video yang dibutuhkan demi menciptakan suasana tertentu. 

  • Tingkat kesulitan pembuatan video

Setiap PH juga pasti akan memperhatikan tingkat kesulitan video seperti misalnya, aksesibilitas tempat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pendekatan yang digunakan oleh PH jelas memengaruhi aksesibilitas pengambilan shoot

Apabila suatu perusahaan ingin menampilkan kegiatan pabrik, maka jelas PH pasti membutuhkan pengambil shoot yang paling efektif. Caranya menggunakan lebih dari satu cameraman yang pasti memengaruhi harga pembuatan video itu sendiri.  

  • Waktu pengerjaan video

Waktu yang ditempuh untuk mengerjakan suatu video company profile juga jadi faktor penentu harga pembuatannya. Semakin lama, jelas semakin mahal biaya pembuatan video tersebut. Namun hal ini tergantung pada sumber daya yang diperlukan oleh penyedia jasa video company profile  tersebut. biasanya, pengambilan shoot video berlangsung selama tiga hari sehingga persoalan akomodasi juga harus diperhatikan. 

  • Akomodasi selama proses pembuatan video

Tentu saja, perusahaan Anda juga perlu mempertimbangkan soal biaya akomodasi dalam setiap proyek pembuatan video company profile. Apalagi jika pengambilan shoot dilakukan di luar kota atau bahkan di luar pulau. Tentu saja, biaya akomodasi semacam ini jelas memengaruhi harga pembuatannya. 

  • Melibatkan penggunaan outsourcing

Hampir sebagian besar PH pasti bekerja sama dengan pihak outsourcing berupa talent ataupun voice over dalam membuat suatu video company profile. Namun kembali lagi, semua ini tergantung pada konsep video company profile yang hendak dibuat. 

Menggunakan talent profesional atau menyuruh karyawan biasa untuk beradegan di depan kamera jelas hasilnya pasti berbeda. Sama halnya dengan penggunaan voice over atau sekadar penjualan visual dan tulisan. Semua itu sangat memengaruhi harga pembuatan video profil perusahaan Anda. 

  • Spesifikasi alat yang digunakan dalam proses produksi

Setiap PH pasti memperhitungkan spesifikasi alat yang akan digunakan dalam proses produksi video profil perusahaan. Apalagi, tempat pengambilan gambit juga sangat menentukan spesifikasi kamera, pencahayaan, dan alat penting lainnya. 

Lantas, berapa sih harga jasa video company profile?

Dari berbagai faktor yang telah dijabarkan di atas menunjukkan bahwa pembuatan video company profile tidak memiliki harga yang pasti. Anda tinggal menentukan, apakah ingin memiliki corporate video yang profesional atau yang ala kadarnya.  

Anda bisa memiliki video corporate sederhana tanpa mengeluarkan banyak biaya seperti misalnya, video yang diunggah ke YouTube. Biasanya, video seperti ini hanya menggunakan peralatan seadanya dan tim produksi amatir. 

Namun jika Anda ingin video yang tampak semi profesional, biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 20 juta – Rp 40 juta. Tim produksinya merupakan tim yang masih berkembang ataupun sedang memulai karir. Bahkan, tak sedikit juga yang sekadar menjalankan hobi. Kualitas video yang diberikan pun cukup bagus, tapi sebagian juga masih terlalu standar. 

Lain halnya dengan video company profile profesional. Pihak PH biasanya tidak bisa secara langsung mengajukan harga, karena tergantung dari konsep yang diinginkan. Diperkirakan, pembuatan video semacam ini bisa menyentuh angka Rp 250 juta. Tentu saja harga tersebut memperhitungkan lingkup video yang dibuat, seperti pengambilan shoot wilayah, durasi, dan waktu pengerjaan. 

Pada dasarnya, pengajuan harga pembuatan video company profile dilakukan oleh PH kepada klien berdasarkan konsep dan semua keperluan selama proses produksi. Ada baiknya lagi jika Anda terbuka kepada pihak PH mengenai ketersediaan dana yang dimiliki sehingga PH bisa menyesuaikan. 

Kebanyakan, PH profesional seperti jasa video company profile Bekasi bakal menyesuaikan budget Anda dengan kualitas video yang nantinya dihasilkan. Sebelumnya, Anda bisa membangun kepercayaan atas kualitas video dengan cara melihat portfolio penyedia jasa tersebut. Jadi, Anda tak perlu takut mendapat hasil yang kurang dengan budget yang tersedia. 

Video company profile membentuk citra dan reputasi perusahaan

Perlu Anda ketahui, pembentukan citra dan reputasi perusahaan merupakan faktor paling penting bagi kelangsungan bisnis yang sustainable. Oleh sebab itu, citra dan reputasi ini harus direncanakan sebaik mungkin melalui serangkaian kegiatan komunikasi menggunakan media yang tepat. 

Menurut definisinya, citra merupakan gambaran yang diproyeksikan secara langsung oleh perusahaan yang kemudian dibentuk dan dikomunikasikan kepada publik, baik internal ataupun eksternal. Sementara reputasi adalah citra yang sudah terbentuk dengan baik dan dikenal oleh seluruh jaringan stakeholder. 

Pada dasarnya, membangun sebuah citra tidaklah mudah. Setiap perusahaan wajib memiliki citra impian dan mengkomunikasikannya secara efektif. Dibutuhkan pula media komunikasi yang efektif dalam menjalankan fungsi pembentukan citra perusahaan ini dan salah satunya berbentuk video company profile. 

Di zaman serba canggih seperti sekarang, video adalah media yang cukup kuat dalam menyampaikan pesan perusahaan. Pasalnya, corporate video semacam ini mampu membantu pembentukan citra sekaligus reputasi yang bisa ditampilkan dalam bentuk grafik ataupun voice over yang lebih interaktif. 

Membentuk citra dan reputasi perusahaan dalam creative brief

Secara garis besar, unsur pembentukan citra dan reputasi perusahaan harus disertakan dalam suatu creative brief yang diberikan pada PH saat proses produksinya. Tujuannya supaya PH bisa menerjemahkan citra yang hendak dibentuk dan divisualisasikan melalui video tersebut. 

Pembentukan citra ini bisa berupa logo, filosofi, warna khas, visi, misi, dan etos kerja suatu perusahaan. Dengan memproyeksikan citra melalui visual, perusahaan bisa meningkatkan daya awareness kepada masyarakat sekaligus membentuk reputasi yang baik sehingga tercipta keberlangsungan bisnis yang sustainable. 

Faktor penting dalam video company profile yang membentuk citra dan reputasi

  • Mampu menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan

Visi dan misi perusahaan kerap disampaikan untuk meningkatkan awareness stakeholder, baik internal seperti karyawan dan staf maupun stakeholder eksternal seperti, pemerintah, investor, ataupun konsumen. Dengan demikian, mereka bisa mengetahui program kerja perusahaan dalam jangka panjang dan bagaimana proses yang dijalankan. 

Sebaiknya, penyampaian visi dan misi perusahaan ini disampaikan dengan cara-cara yang kreatif. Jangan sampai, Anda menyampaikan visi misi secara verbal dan monoton sehingga kurang menarik perhatian target. Visi dan misi ini bisa disampaikan dalam bentuk ilustrasi video, baik video dokumenter, storytelling, ataupun keduanya sehingga memberi kesan yang lebih hidup.

  • Menampilkan identitas perusahaan 

Identitas perusahaan sangat perlu disampaikan kepada para stakeholder supaya mereka paham dengan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan Anda. Biasanya, identitas ini meliputi, logo dan maknanya, budaya, hingga etos kerja. 

  • Menjelaskan seluruh kegiatan perusahaan

Demi membentuk citra, perusahaan harus berpedoman kepada etika bisnis dalam menjelaskan soal kegiatan operasionalnya. Good Corporate Governance atau Tata Kelola Perusahaan merupakan pedoman kode etik yang wajib dijalankan oleh perusahaan untuk membedakan apa yang baik dan buruk bagi perusahaan. Bahkan, pedoman ini juga memuat apa saja yang harus dilakukan oleh perusahaan dan tidak dilakukan secara etis. 

GCG memuat asas-asas moral yang wajib dipatuhi setiap perusahaan. Salah satunya tentang kegiatan CSR atau Corporate Social Responsibility sehingga bisa dikatakan, CSR telah jadi faktor penting dalam pembentukan citra perusahaan. 

CSR ini terbagi menjadi beberapa kategori yang berbeda, seperti komunitas, lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Dengan menyajikan video CSR secara singkat, jelas, dan padat, perusahaan bisa memberikan informasi tentang sumbangsihnya kepada masyarakat. Artinya, citra perusahaan dikomunikasikan dan terbentuk melalui sejumlah kegiatan sosial. 

Nah, itu tadi ulasan mengenai harga jasa video company profile yang memengaruhi citra dan reputasi suatu perusahaan. Semoga bermanfaat ya!